Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM, Pertamina menghadirkan Pertashop di sejumlah titik rest area Tol Trans Jawa.

Semarang, Petrominer – PT Pertamina (Persero) Regional Jawa Bagian Tengah memanfaatkan masa liburan Natal dan Tahun Baru 2021 untuk memperkenalkan outlet Pertashop di ruas tol Trans Jawa. Kehadiran fasilitas pengisian BBM mini ini juga untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan BBM di ruas tol selama masa liburan tersebut.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Kevin Kurnia Gumilang, mengungkapkan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan BBM, Pertamina telah menyiapkan sejumlah layanan tambahan pada masa Natal dan Tahun Baru. Salah satunya adalah dengan menghadirkan Pertashop di sejumlah titik rest area Tol Trans Jawa.

“Di wilayah Jawa Bagian Tengah, ada tujuh titik Pertashop yang didirikan. Sebanyak empat unit di arah Jakarta menuju Surabaya (Ruas A) KM 252, 275, 456, 519 dan tiga unit lainnya di arah Surabaya menuju Jakarta (Ruas B) KM 294, 456, 519,” jelas Kevin, Sabtu (2/1).

Menurutnya, selain memecah antrian pada saat pengisian BBM di SPBU, Pertamina juga berupaya mengenalkan Pertashop kepada masyarakat perkotaan yang belum pernah menemui Pertashop. Pasalnya, outlet BBM ini hanya ada di pedesaan.

“Bagi masyarakat kota khususnya Jakarta maupun Surabaya mungkin belum pernah bertemu Pertashop. Kali ini, mereka bisa merasakan sensasi mengisi BBM selain di SPBU pada saat melintas tol Trans Jawa,” ujar Kevin.

Dia menjelaskan, Pertashop merupakan salah satu bagian dari komitmen Pertamina untuk pemerataan energi hingga pelosok atau daerah pedesaan yang belum terjangkau SPBU. Pertashop menjadi satu-satunya lembaga penyalur BBM di pedesaan yang dioperasikan oleh Pertamina secara resmi yang telah memenuhi aspek legal dan aspek keselamatan kerja atau Health, Safety, Security, Environment (HSSE).

“Sudah ada 106 unit Pertashop yang telah beroperasi dan tersebar di 28 kabupaten di provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan rician, 100 unit di Jawa Tengah dan 6 unit di Yogyakarta,” ujar Kevin.

Salah satu outlet Pertashop di wilayah Jawa Tengah.

Menurutnya kehadiran Pertashop di tengah desa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mendekatkan sumber penyaluran energi yang aman dan berkualitas di tengah masyarakat.

Untuk mempercepat perluasan Pertashop, Pertamina juga membuka peluang kemitraan Pertashop kepada para pengusaha yang berminat untuk berinvestasi Pertashop. Sama halnya seperti SPBU, pengusaha juga memiliki peluang untuk berinvestasi sebagai lembaga penyalur BBM kepada masyarakat, kali ini dalam skala kecil berupa Pertashop yang harganya realtif lebih rendah ketimbang SPBU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here