Jakarta, Petrominer – Indonesia berhasil menyabet lima penghargaan pada ajang ASEAN Energy Awards 2021. Penghargaan bergengsi tingkat kawasan Asia Tenggara ini diberikan pada rangkaian pelaksanaan 39th ASEAN Minister on Energy Meeting Vietnam and ASEAN Energy Business Forum, Rabu (15/09).

“Selamat kepada para pemenang. Saya berharap pencapaian ini dapat mendorong para pengelola gedung untuk melakukan efisiensi energi,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi.

Pada penghargaan ini, dua gedung Kementerian ESDM didaulat sebagai pemenang, yaitu Gedung Slamet Branata di Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Gedung Chairul Saleh di Sekretariat Jenderal.

Agung menuturkan, melalui raihan ini mendorong partisipasi gedung-gedung di lingkungan Kementerian ESDM di tahun-tahun berikutnya. Selain itu, partisipasi ini diharapkan juga dapat mendorong pengelola gedung dan pegawai Kementerian ESDM untuk menerapkan pola hidup hemat energi.

Penghargaan tahunan tersebut diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi. Kegiatan ini dalam rangka mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di tingkat regional ASEAN.

Indonesia mengirimkan 10 peserta, yang merupakan para pemenang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2018 dan 2019. Berdasarkan hasil penjurian yang telah dilaksanakan bulan Juni 2021 lalu, peserta dari Indonesia memperoleh dua Winner, dua 1st Runner-up, dan satu 2nd Runner-up.

Dengan rincian sebagai berikut :

  1. Green Office Park-9 (GOP-9), Winner, Kategori: Large Green Building,
  2. Solar Thermal Cooling System, Winner, Kategori: Spesial Submission for Energy Efficiency in Building,
  3. Slamet Bratanata Building – Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, 1st Runner Up, Kategori: Energy Management in Large Building
  4. PT Denso Bekasi Plant, 1st Runner Up, Kategori: Large Industry – Energy Management
  5. Chairul Saleh Building – Setjen Kementerian ESDM, 2nd Runner Up, Kategori: Small & Medium Building – Energy Management.

ASEAN Energy Awards terbagi menjadi tiga kategori, yaitu ASEAN Coal Awards, ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards, dan ASEAN Renewable Energy Project Awards.

Penghargaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000 ini bertujuan untuk memberi apresiasi terhadap praktik terbaik dan meningkatkan kesadaran publik terhadap pemanfaatan dan pengembangan energi baru, terbarukan dan konservasi energi, serta pemanfaatan batubara dengan cara yang bertanggungjawab dan tetap memperhatikan aspek perlindungan lingkungan. Proses seleksi dan penentuan pemenang disaring dari puluhan kandidat berbagai kategori yang diusulkan seluruh negara anggota ASEAN.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here