Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Jakarta, Petrominer – Perkembangan bidang industri digital yang menjadi kebutuhan utama di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi salah satu perhatian dalam penyelenggaraan ajang bergengsi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020. Hal tersebut terlihat dari salah satu kategori seleksi yang akan dikompetisikan.

Menurut Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, ajang penghargaan tertinggi yang diberikan untuk desain produk industri ini telah digelar sejak tahun 2001. Ini merupakan ajang untuk menciptakan ekosistem industri kreatif di Indonesia.

“Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk industri yang memiliki potensi pasar ekspor, sehingga bisa meningkatkan citra positif terhadap produk Indonesia di kancah global,” ujar Gati dalam peluncuran IGDS 2020 yang dilakukan secara virtual, Rabu, (22/7),

Dia menegaskan bahwa para pelaku usaha khususnya sektor industri kecil menengah (IKM) perlu meningkatkan kualitas desainnya. Dengan begitu, mereka bisa mengikuti selera konsumen dan mampu kompetitif dengan produk impor.

Dalam ajang tahun ini, desain dari 10 kelompok produk akan berkompetisi. Yaitu kelompok furnitur dan perabot rumah, kantor dan publik, kemudian produk industri kriya (craft), serta alas kaki dan aparel, aksesoris fesyen dan perhiasan. Produk dekorasi dan aksesoris rumah, kantor dan ruang publik, produk anak, alat peraga pendidikan dan stasionari, produk peralatan olah raga, hobi dan kenyamanan (leisures), fasilitas rekreasi atau wisata, serta produk elektronika, teknologi informasi dan komunikasi, peralatan rumah tangga (home appliances), perawatan medis, dan kecantikan.

Ada juga produk transportasi, mobilitas, aksesoris dan peralatan dalam kendaraan, produk kemasan inovatif dan alat bantu pemasaran atau promosi, serta produk peralatan dapur perlengkapan makan dan peralatan kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri masih sangat besar. Pada tahun 2019, nilai tersebut tercatat mencapai US$ 45,38 miliar dan diproyeksi mencapai US$ 465,41 miliar pada tahun 2026, dengan tingkat pertumbuhan 5,3 persen selama tahun 2021-2026. Hal ini menunjukkan besarnya peluang di sektor desain produk industri yang dapat terus dioptimalkan.

Gati berharap, gelaran IGDS 2020 dapat melahirkan produk maupun konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis, namun juga fungsi serta mendatangkan manfaat ekonomi bagi desainer dan pelaku industri selaku pemilik desain sekaligus menjadi motor pendorong bagi dunia desain nasional. Produk industri nasional diharapkan juga bisa menembus pasar internasional.

Antusiasme peserta kompetisi terus meningkat, dari tahun 2001 yang hanya 99 peserta, meningkat di tahun 2017 menjadi 243 peserta, dan tahun 2019 bertambah lagi menjadi 333 produk yang dikompetisikan. Hal inilah yang mendorong agar kompetisi IGDS tetap digelar tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here