Camat Batangtoru, M Yamin Batubara, Manager Hubungan Pemerintahan dan Eksternal Agincourt Resources, Irwanto Situmorang, beserta perwakilan dari PLN UP3 Padangsidimpuan secara simbolis menekan tombol atas diresmikannya Gardu Induk Martabe, Selasa (19/11).

Batangtoru, Petrominer – Peran kelistrikan sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Inilah yang mendorong PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, bersama PT PLN (Persero) mempercepat pembangunan Gardu Induk Martabe.

Selasa lalu (19/11), Agincourt Resources bersama PLN UIW Sumatera Utara UP3 Padangsidimpuan meresmikan pengoperasian penyulang MT-01 Gardu Induk Martabe. Fasilitas Gardu Induk yang berlokasi di perkebunan PTPN 3 dan berkapasitas Trafo 10 MVA tersebut diharapkan bisa membantu PLN meningkatkan pelayanan pasokan listrik kepada masyarakat di Batangtoru dan sekitarnya.

General Manager Operational Agincourt Resources, Darryn McClelland, menyatakan beroperasinya GI Martabe ini merupakan bentuk komitmen Tambang Emas Martabe untuk membantu masyarakat Batangtoru dan sekitarnya dalam mendapatkan pasokan aliran listrik yang handal dan stabil. Dengan beroperasinya GI Martabe, kehandalan dan pasokan listrik PLN untuk masyarakat jadi lebih baik.

“Beroperasinya GI Martabe ini menjadi salah satu kontribusi Tambang Emas Martabe dalam menjaga kestabilan tegangan ataupun aliran listrik di Batangtoru dan sekitarnya. Ini juga membantu program kelistrikan PLN agar memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” kata Darryn.

Dia menyampaikan harapannya agar kerjasama dengan PLN bisa lebih ditingkatkan, khususnya dalam hal pengembangan kelistrikan di Batangtoru dan sekitarnya.

Manager Bagian Perencanaan PLN UP3 Padangsidimpuan, Riston Sihaloho, kebutuhan listrik terus bertumbuh. Beroperasinya GI Martabe bermakna sangat luar biasa bagi banyak orang. “Terima kasih kami ucapkan kepada PT Agincourt Resources, tentunya setelah melakukan koordinasi dan komunikasi yang intens, semoga kerjasama ini bisa bermanfaat bagi banyak orang,” kata Riston.

Dia mengungkapkan dengan adanya GI Martabe ini tegangan listrik di Batangtoru dan sekitarnya akan lebih handal. Dengan stabilnya tegangan listrik di wilayah Batangtoru dan sekitarnya tentu frekuensi pemadaman bisa dikurangi. Sebelumnya jika di Padangsidimpuan terjadi pemadaman, maka wilayah Batangtoru juga ikut terkena dampak pemadaman, ke depannya tidak demikian lagi.

Foto bersama usai acara peresmian Gardu Induk Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Camat batangtoru, M Yamin Batubara, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Agincourt Resources atas kontribusinya mengoperasikan GI Martabe. Selama ini masyarakat di Batangtoru sering mengalami pemadaman.

“Dengan beroperasinya GI Martabe, warga bisa menikmati jaringan listrik dari PLN secara maksimal tanpa sering mengalami pemadaman,” kata Yamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here