Fasilitas produksi, lapangan dan infrastruktur pipa di Gippsland Basin.

Spring, Texas, Petrominer – ExxonMobil telah menyelesaikan Final Investment Decision (FID) untuk mengembangkan lapangan gas Barracouta Barat di Bass Strait untuk memasok gas ke pasar domestik Australia. Proyek yang terletak di blok VIC / L1 lepas pantai Victoria ini adalah bagian dari investasi berkelanjutan ExxonMobil di Gippsland Basin.

Perusahaan migas tersebut baru saja menyelesaikan pekerjaan Front-End Engineering Design (FEED) untuk proyek tersebut, yang merupakan bagian dari Joint Venture Esso-BHP Gippsland Basin. Proyek tersebut akan digarap oleh Subsea 7 dan OneSubsea, anak perusahaan Schlumberger. Proyek gas ini akan terhubung dengan infrastruktur lepas pantai Barracouta yang sudah ada di Bass Strait, lapangan lepas pantai pertama yang pernah ditemukan di Australia.

“Kami terus menggunakan teknologi canggih, yang dipadu dengan pemahaman luas kami selama puluhan tahun terhadap Gippsland Basin, untuk memastikan potensi penuh dari sumber daya dapat direalisasikan itu,” kata President of ExxonMobil Production Company, Neil W. Duffin, dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Rabu (12/12).

Duffin juga menegaskan “tujuan kami adalah memproduksi gas Barracouta Barat untuk pasar gas domestik Australia pada tahun 2021.”

Joint Venture Gippsland Basin telah memasok sekitar 40 persen permintaan gas domestik di pantai timur Australia.

Proyek baru senilai US$ 4 miliar ini diinvestasikan oleh Joint Venture Gippsland Basin bersama dengan proyek-proyek baru lainnya di Victoria untuk memasok gas domestik Australia, termasuk proyek lepas pantai Kipper Tuna Turrum dan Longford Gas Conditioning Plant.

“Joint Venture Gippsland Basin memiliki pengalaman 50 tahun di Bass Strait,” kata Chairman ExxonMobil Australia, Richard Owen.

Menurut Owen, sejak sumur Bass Strait pertama dibor pada tahun 1965, sekitar empat miliar barel minyak mentah dan delapan triliun kaki kubik gas alam telah diproduksi.

ExxonMobil, melalui anak usahanya Esso Australia Pty Ltd,. mengoperasikan Joint Venture Gippsland Basin, dengan komposisi saham 50-50 dengan BHP Billiton Petroleum (Bass Strait) Pty Ltd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here