SPPBE Gunung Sitoli, Nias, yang dimiliki dan dikelola Elnusa Petrofin dilengkapi oleh tiga unit tanki LPG dengan kapasitas masing-masing sebesar 50 metrik ton.

Gunung Sitoli, Petrominer – Kini, masyarakat kota Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara, tidak butuh waktu lama untuk memperoleh LPG. PT Elnusa Petrofin (EPN) telah membuka dan mengoperasikan Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bahan Bakar Elpiji (SPPBE) di wilayah tersebut.

Peresmian SPPBE Gunung Sitoli dilakukan, Rabu (9/9). Pembangunan fasilitas ini sebagai upaya meningkatkan ketahanan energi serta turut membantu mensukseskan program konversi LPG dari Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) khususnya LPG di wilayah Gunung Sitoli Pulau Nias.

Bangunan SPPBE berdiri di atas lahan seluas 4970 meter persegi. Sarana dan fasilitas SPBE dimiliki dan dikelola oleh anak usaha PT Elnusa Tbk. ini terdiri dari tiga unit tanki LPG yang berkapasitas masing-masing sebesar 50 metrik ton atau mempunyai total kapasitas sebesar 150 metrik ton serta mempunyai 12 filling machine.

“Fasilitas ini digunakan untuk memberikan layanan pengisian tabung LPG 3 Kg kepada agen agen penyalur LPG yang merupakan mitra Pertamina,” ujar Direktur Utama Elnusa Petrofin, Haris Syahrudin, usai meresmikan pembukaan SPPBE Gunung Sitoli.

Menurut Haris, berdirinya SPBE Gunung Sitoli ini sebagai bentuk komitmen dari Elnusa Petrofin dalam mengemban amanah dari Pertamina untuk menjaga dan melayani kebutuhan LPG bagi para pelanggan Pertamina dan masyarakat pada umumnya. Kehadiran SPPBE ini diharapkan mampu memberikan value terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja dari warga sekitar lokasi SPPBE.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Masyarakat dan Pemerintah setempat sehingga pembangunan dan pengoperasional SPPBE Gunung Sitoli ini dapat terlaksana dengan lancer,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Pertamina Marketing Operation Region I, Gema Iriandus Pahalawan, mengatakan bahwa pihaknya berharap bahwa dengan dimulainya operasional SPPBE ini dapat semakin meningkatkan ketersediaan energi khususnya dalam melayani supply LPG untuk didistribusikan oleh agen kepada masyarakat di wilayah Gunung Sitoli dan sekitarnya. Kehadiran SPPBE ini juga diharapkan membawa dampak positif kepada masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here