HWU Drilling EHR-12 yang dioperasikan Elnusa di blok Mahakam, Kalimantan Timur.

Jakarta, Petrominer – PT Elnusa Tbk (Elnusa) membuka lembaran baru di tahun 2021 dengan mendukung kegiatan pengeboran sumur baru di Blok Mahakam untuk Pertamina Hulu Mahakam. Tanpa canggung, Elnusa mengaplikasikan inovasi barunya dalam menggarap pekerjaan di sumur baru.

Direktur Operasi & Pengembangan Usaha Elnusa, Arief Riyanto, menjelaskan Elnusa menampilkan Hydraulic Workover Unit (HWU) Drilling EHR-12 yang di fabrikasi secara mandiri. Rig ini menggantikan peran jack up rig dalam kegiatan pengeboran sumur baru. Padahal umurmnya, HWU digunakan untuk menggarap kerja ulang sumur tua sehingga dapat meningkatkan produktivitasnya kembali.

“Pekerjaan pengeboran menggunakan HWU EHR-12 ini akan berlangsung selama tiga bulan dan memiliki target pengeboran sebanyak lima sumur. Hingga saat ini, Elnusa telah sukses menyelesaikan pengeboran sumur pertama pada kedalaman 1.215 meter, dalam waktu 19 hari,” ungkap Arief, Senin (11/1).

Menurutnya, penggunaan HWU untuk pengeboran sumur baru ini merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia. Berbeda dengan beberapa negara lain, umumnya pengeboran dengan HWU Drilling dilakukan untuk pengeboran sumur lanjutan.

“Kami berharap bahwa inovasi pengeboran ini dapat lebih mendorong upaya peningkatan produksi migas di Pertamina dan Indonesia,” tegas Arief

Sementara itu, VP of Well Construction and Intervention Pertamina Hulu Mahakam, Fata Yunus, mengatakan keberhasilan ini merupakan buah karya sinergi Anak Perusahaan Pertamina, PHM dan Elnusa yang konsisten semangat mengembangkan inovasi dan memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjaga produksi migas nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Kolaborasi yang solid antara PHM dan Elnusa. Mulai dari desain, fabrikasi peralatan dan eksekusi sehingga proyek HWU Drilling ini berhasil dilakukan dengan aman,” tegas Fata.

Dia menyatakan, PHM memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh tim dan mitra kerja yang terlibat atas kerjasamanya yang baik, terutama kepada Elnusa selaku pelaksana kerja. Elnusa juga diakui telah berhasil membuka peluang besar kedepannya dengan upaya terobosan teknologi baru guna meng-unlock cadangan minyak dan gas di blok Mahakam.

Sepanjang proses perjalanan dari awal hingga saat ini, Elnusa telah membuktikan komitmennya melalui aspek safety, quality, ketepatan waktu bekerja dan juga kinerja operasi yang mampu memberikan penurunan durasi dan penekanan biaya pengeboran, dengan harapan ke depan akan lebih banyak sumur yang dibor dengan nilai keekonomian yang lebih menguntungkan. Selain itu, yang utama tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 selama berlangsung pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here