Kantor Kementerian ESDM di Jakarta.

Jakarta, Petrominer – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalihkan sementara semua layanan tatap muka menjadi layanan daring (online). Hal ini dilakukan sebagai upaya mitigasi Pemerintah dalam meminimalisasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi, pelayanan publik sektor ESDM tetap berjalan biasa. Namun dialihkan dalam bentuk online hingga jangka waktu tertentu.

“Pelayanan tatap muka sudah tidak kami terima lagi. Kami sudah menyiapkan sistem online sebagai penggantinya hingga akhir Maret nanti, monitor di http:\\www.esdm.go.id,” kata Agung, Minggu (21/3).

Kini, semua permohonan izin untuk sub sektor mineral dan batubara (minerba) bisa dikirim melalui email ke perizinanminerba@esdm.go.id. Mulai dari permohonan perizinan ESDM, pelayanan informasi atau konsultasi, pemenuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), cetak peta dan pengaduan terkait sektor minerba.

“Untuk lebih memudahkan pelayanan, peta/produk/jasa akan dikirimkan melalui Jasa Pengiriman Kilat,” tegasnya.

Hal serupa juga berlaku untuk sub sektor ketenagalistrikan, Pusat Data dan Informasi ESDM telah menyiapkan sistem daring untuk mengganti pelayanan tatap muka mulai dari konsultasi, pengaduan hingga permintaan informasi bisa didapat melalui email infogatrik@esdm.go.id atau hotline 0215225180 ext 1123.

Sementara untuk layanan perizinan seperti Sertifikat Laik Operasi (SLO) di slodjk.esdm.go.id, Sertifikat Badan Udaha (SBU) di sbu.djk.esdm.go.id dan Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKKTK) bisa diakses di skktkdjk.esdm.go.id.

Khusus layanan tatap muka di Lintas EBTKE bisa diakses di laman lintas.ebtke.esdm.go.id/#permohonan untuk permohonan informasi seputar Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. Sementara laman lintas.ebtke.esdm.go.id/#pengaduan untuk pengaduan masyarakat.

“Perubahan layanan ini hingga 5 April 2020,” ujar Agung.

Ada juga pelayanan Contact Center ESDM 136 yang dialihkan sementara ke email contactcenter136@esdm.go.id demi melindungi kesehatan pegawai. Saat ini, layanan tersebut memiliki 12 agen customer service officer yang terdiri dari 7 agen call, 2 agen sosial media dan 3 team leader.

“Kesehatan pegawai jadi pertimbangan kami tanpa mengesampingkan kualitas layanan kepada publik. Silahkan hubungi email tersebut bagi masyarakat yang terbiasa mengakses 136,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here