PLN telah melistriki 5 dusun di Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, salah satunya Dusun kambunong ini yang berlokasi di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar.

Jakarta, Petrominer – PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk melistriki seluruh tanah air hingga ke pelosok negeri. Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berhasil menyalurkan listrik ke lima dusun di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Ismail Deu, menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke lima dusun tersebut tidaklah mudah. Lokasinya yang terpencil dengan akses melewati jalan terjal dan berbatu hingga menyeberangi laut menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembangunan listrik desa tersebut.

“Salah satunya Dusun kambunong yang terletak di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar. Ini menjadi salah satu dusun yang kini dapat menerima aliran listrik PLN,” ujar Ismail, Selasa (28/4).

Menurutnya, pembangunan untuk daerah terpencil seperti Dusun Kambunong ini memang lebih sulit. Jalan terjal hingga menyeberangi laut terkadang membuat tiang tidak bisa dibawa menggunakan kendaraan dan harus dipanggul.

“Namun ini sudah menjadi komitmen kami untuk terus berusaha mengaliri listrik ke seluruh pelosok nusantara,” ucap Ismail.

Untuk melistriki dusun tersebut yang dihuni 100 kepala keluarga, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,78 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 0,58 kms, serta 1 gardu distribusi dengan total kapasitas 160 kiloVolt Ampere (kVA).

Dalam proses pembangunannya, PLN tetap memperhatikan protokol Covid-19 dengan memastikan petugas menggunakan sarung tangan, masker, serta menjaga jarak saat melakukan pekerjaan.

Kepala Dusun Kambunong, Sunardi, mengaku bersyukur listrik telah masuk ke dusunnya. Dia menyatakan sangat bahagia karena listrik tetap bisa dialirkan meski dalam keadaan seperti ini.

“Kami bahagia karena di tengah keadaan seperti ini, listrik telah masuk ke dusun kami. Dengan adanya listrik, tentu akan sangat bermanfaat, ini salah satu berkah Ramadhan bagi kami,” tegas Sunardi.

Selain Dusun Kambunong, satu dusun di Provinsi Sulbar yang telah menikmati aliran listrik adalah Dusun Saluran, Desa Saludengen, Kecamatan Tompo, Kabupaten Mamuju. Sementara empat dusun di Provinsi Sulsel yaitu Dusun Manyaha, Dusun Bonto Manai, Dusun Maroangin, dan Dusun Gori-Gori yang berlokasi di Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai.

Untuk melistriki sekitar 226 kepala keluarga yang berada di seluruh dusun tersebut, PLN total membangun JTM sepanjang 19,65 kms, JTR sepanjang 17,27 kms, dan 8 gardu distribusi dengan total kapasitas mencapai 400 kVA.

“PLN berharap hadirnya listrik dapat membantu aktivitas dan meningkatkan produktifitas warga sehingga akan berdampak pada peningkatkan kesejahteraan warga,” ujar Ismail.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here