Yogyakarta, Petrominer – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menjajal becak listrik buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM). Apresiasi pun disampaikan atas ide di pembuatan balik becak listrik itu,  yakni memanusiawikan angkutan publik yang sudah berakar di masyarakat.

“Kita inginkan pengembangan mobil listrik nasional. Saya dorong ITS, UGM yg lain-lain dibuat di indonesia,” ungkap Jonan usai menjajal becak listrik di pelataran kampus Magister Managemen (MM) UGM, Jum’at (23/2).

Hari itu, dia hadir dalam kuliah umum yang di helat oleh MM UGM. Pada kesempatan ini, Jonan memberikan kuliah umum bertajuk Transformational Leadership: The Secret to Build High Performance Organization.

Sebelum masuk ke dalam ruang kuliah umum di Auditorium MM UGM, Jonan dicegat oleh 6 jenis kendaraan listrik berbagai tipe dan bentuk buatan Mahasiswa UGM. Selain mobil listrik, ada juga tipe mobil balap, mobil golf, sepeda listrik bahkan becak listrik. Jonan pun menyempatkan mencoba mengendarai mobil golf dan becak listrik.

Dalam kesempatan itu, Jonan menegaskan bahwa Kementerian ESDM akan mendorong pengembangan mobil listrik ini agar tidak hanya berada dalam sala riset saja. Para akademisi yang membuat mobil listrik dihimbau untuk menjalin kerja sama dengan industri besar. Dengan begitu, kendaraan yang diproduksi bisa layak untuk dijual bebas di pasaran.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here