Para mahasiswa UNHAS Makasar penerima Beasiswa Sobat Bumi Tahun 2019/2020. (Dok Pertamina Foundation)

Jakarta, Petrominer – PT Pertamina (Persero), melalui Pertamina Foundation, kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa di beberapa perguruan tinggi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Beasiswa ini sebagai wujud komitmen Pertamina dalam mendorong percepatan dan pemerataan pendidikan untuk melahirkan generasi muda yang cerdas, kreatif dan tangguh serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Tahun 2019 ini, ada 103 orang mahasiswa dari tujuh Perguruan Tinggi (PT) yang mendapatkan beasiswa. Ketujuh PT tersebut adalah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Sriwijaya Palembang, Institut Teknologi Kalimantan di Balikpapan, Universitas Hasannudin Makasar, dan Universitas Cenderawasih Papua.

Setelah minggu lalu, proses seleksi di empat perguruan tinggi, yaitu UGM, UNSRI, UB-Malang dan ITK, selanjutnya Senin (18/11) dilakukan proses verifikasi faktual untuk peserta beasiswa UI Jakarta dan UNHAS Makasar. Mewakili dewan pengurus, hadir di UI yaitu Program Manager Beasiswa Pertamina Foundation Dessy Setyawati bersama Nailis Saadah dan untuk UNHAS diwakili Manager Finance Haikal Hatim bersama Andri Hidayat.

Kegiatan verifikasi faktual di UNHAS Makasar dipusatkan di gedung Rektorat. Melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Manager Finance Haikal Hatim, President Director Pertamina Foundation Agus Mashud menyatakan kegiatan Beasiswa Sobat Bumi 2019 ini bertujuan membantu mencetak generasi yang cerdas, visioner, kreatif dan memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan. Sobat Bumi dijadikan jargon dengan tata nilai yang diusung “belajar, berbagi, bergerak bersama”.

Di tahun pertama, komponen beasiswa meliputi bantuan biaya pendidikan dan buku untuk 2 semester, dan juga bantuan biaya hidup selama periode beasiswa yaitu sampai akhir semester II Tahun Ajaran 2019/2020. Pemberian beasiswa tidak terbatas bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup. Penerima beasiswa juga akan mendapat bantuan peningkatan kapasitas berupa softskills training untuk tujuan meningkatkan kompetensi, membangun jiwa sobat bumi serta membuka social networking melalui komunitas SOBI.

Pembenahan dan penyempurnaan untuk kegiatan beasiswa terus dilakukan. Pertamina Foundation memberikan perhatian khusus pemanfaatan teknologi informasi untuk peningkatan layanan beasiswa. Sedang dirancang program beasiswa sobat bumi yang berbasis Teknologi Informasi.

“Menggunakan sistem online dan digitalisasi sehingga lebih efektif dan efisien juga sesuai tuntutan jaman. Dengan media website penerima beasiswa dapat lebih terdorong untuk berkreasi, dan mengembangkan talentanya,” tulis Agus Mashud dalam sambutannya itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here