Manggarai Timur, Petrominer – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menegaskan bahwa program BBM Satu Harga akan berlanjut hingga tahun 2024 mendatang. Untuk itu, Pemerintah daerah dipersilahkan untuk mengusulkan wilayah yang perlu dibangun lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

“Pemilihan wilayah tersebut tentunya memperhatikan kriteria bahwa daerah itu merupakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Indonesia. Ini sebagai upaya dari Pemerintah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jonan usai meresmikan lembaga penyalur BBM Satu Harga di Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jum’at (10/5).

Sejak tahun 2017 hingga tahun 2019, secara nasional akan dibangun 170 Penyalur BBM Satu Harga. Tahun 2017 telah terbangun 57 penyalur dan tahun 2018 ada 74 penyalur. Sementara untuk 2019, Pemerintah menargetkan 39 penyalur akan beroperasi.

Jonan juga memastikan bahwa program ini akan berlanjut hingga 2024 mendatang, dengan total sekitar 500 lembaga penyalur BBM Satu Harga akan beroperasi.

“Nanti kita expand (perluas) dengan total kurang lebih sampai 500, jadi tambah lagi kurang lebih 330. Satu sampai dua kecamatan bisa digabung dapat satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU),” terangnya.

Jonan menambahkan bahwa tidak ada kendala berarti dalam menjalan program ini. Dukungan pemerintah daerah menjadi kunci agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud, mengingat selama ini masyarakat di wilayah teringgal, terdepan dan terluar (3T) membeli BBM dengan harga lebih mahal dibandingkan wilayah perkotaan.

Terkait pengawasan program ini, Jonan berharap agar masyarakat turut berpartisipasi. Jika melihat penyalahgunaan pendistribusian BBM, masyarakat dapat melaporkannya ke pihak berwajib.

“Tidak boleh BBM subsidi solar itu dijual ke industri, sama sekali tidak boleh. Kalau ada, harus diproses hukum. Pengawasan kita ada di BPH Migas, tapi kalau proses hukumnya ada di kepolisian,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here