Wisata Bekantan Ekoriparian Sungai Hitam di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Samboja, Petrominer – Wisata Bekantan Ekoriparian Sungai Hitam di Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur kembali dibuka. Lokasi wisata binaan Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field ini sempat ditutup hampir empat bulan karena pandemi Covid-19.

Pembukaan kembali wisata sungai ini ditandai dengan pemotongan pita di Gapura Wisata Bekantan oleh Sangasanga Legal & Relation Assistant Manager, Frans A. Hukom, bersama Camat Samboja, Ahmad Nurkhalish, Kamis (23/7).

Untuk mendukung dibukanya kembali kegiatan wisata ini, Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field menyerahkan bantuan pemenuhan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 berupa tempat cuci tangan portable dan face shield bagi anggota kelompok sadar wisata Sungai Hitam.

Dalam acara yang berlangsung sederhana dan memperhatikan protokol pecegahan Covid-19, Camat Samboja menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field karena sudah mendukung berjalannya wisata bekantan di Kecamatan Samboja ini.

Usai acara peresmian tersebut, sejumlah pekerja Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field yang dipimpin oleh Sangasanga Legal & Relation Assistant Manager, Frans A. Hukom, melakukan kegiatan penanaman mangrove di sekitar Sungai Hitam.

“Pelestarian mangrove ini juga penting untuk ekosistem hutan mangrove, di mana Bekantan mengkonsumsi buah mangrove. Avicennia lanata dan Avicennia marina adalah jenis buah makanan bekantan. Ada pula dedaunan yang menjadi makanan bekantan, yaitu daun dari jenis Sonneratia alba,” terang Frans.

Seperti diketahui, monyet bekantan sebagai salah satwa endemi Kalimantan yang habitat dan ekosistemnya mulai berkurang, sehingga perlu sekali dilakukan konservasi mangrove dan bekantan. Wisata konservasi ini memiliki potensi yang sangat bagus karena wisatawan dapat melihat bekantan langsung di habitat dan ekosisitemnya.

Wisata Bekantan “Ekoriparian Sungai Hitam” binaan Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here