Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (AE), Garibaldi Thohir. (Petrominer/Sony)

Jakarta, Petrominer – PT Adaro Energy Tbk (Adaro) mencatat kinerja keuangan year-over-year (y-o-y) yang positif pada tiga bulan pertama tahun 2019 (Kuartal I-2019). Kinerja yang lebih baik ini diakui sebagai hasil dukungan operasi yang solid dan model bisnis yang kokoh.

“Pencapaian operasional dan keuangan yang solid pada Kuartal I-2019 mencerminkan model bisnis terintegrasi yang kokoh serta keunggulan operasional. Kami berhasil mengendalikan biaya, mempertahankan marjin yang sehat dan terus memberikan pengembalian pemegang saham,” ujar Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Adaro, Garibaldi Thohir, Selasa (30/4).

Garibaldi Thohir menjelaskan, Adaro mencatat EBITDA operasional yang solid sebesar US$ 323 juta, atau naik 19 persen y-o-y. Ini artinya, Adaro berhasil mempertahankan marjin EBITDA operasional yang tinggi pada tingkat 38 persen.

“Hal ini sesuai dengan panduan EBITDA untuk satu tahun yang berkisar US$ 1-1,2 miliar,” tegasnya.

Posisi keuangan tetap sehat dengan likuiditas US$ 1.210 juta. Rasio utang bersih terhadap ekuitas dan utang bersih terhadap EBITDA operasional 12 bulan terakhir masing-masing mencapai 0,10x dan 0,32x.

Sementara laba inti naik 52 persen menjadi US$ 166 juta. Ini menunjukkan kinerja bisnis inti yang memuaskan dan keunggulan operasional.

Sementara royalti yang dibayarkan oleh produsen batubara ini kepada Pemerintah naik 16 persen y-o-y menjadi US$ 92 juta, karena pendapatan usaha juga lebih tinggi y-o-y. Adaro juga membukukan pajak penghasilan badan sebesar US$ 86 juta pada Kuartal I-2019.

“Tahun ini, kami memutuskan untuk membayar dividen sebesar US$ 200 juta, yang setara dengan rasio pembayaran 48 persen, karena kami menyeimbangkan kebutuhan untuk menginvestasikan kembali modal yang ada demi mengejar peluang pertumbuhan dan pengembalian yang dibagikan kepada para pemegang saham,” jelas Garibaldi Thohir yang akrab disapa Boy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here