Pertamina optimalkan layanan BBM melalui Digitalisasi SPBU hingga Pesan Antar.

Batang, Petrominer – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020-2021, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru). Layanan BBM pun dioptimalisasikan melalui digitalisasi SPBU dan pesan antar.

Kesiapan SPBU dari aspek digitalisasi dan layanan satgas mendapat perhatian khusus, terutama di tol Trans Jawa. Komisaris PT Pertamina Patra Niaga Agus Cahyono Adi bersama Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Jumali, dan Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang PAM Obvitnas Yurod Saleh mengunjungi sarana dan fasilitas Pertamina yang berada di jalur tol tersebut, Sabtu (19/12).

Rombongan meninjau SPBU di KM 102 Tol Cipali, Jawa Barat. Kemudian dilanjutkan ke SPBU KM 379A Tol Batang dan SPBU 429A Ungaran, Jawa Tengah. Rombongan melihat secara langsung kesiapan Satgas Nataru dalam rangka mengoptimalkan layanan tambahan yang disiapkan Pertamina, di antaranya BBM modular di jalan tol, digitalisasi SPBU, hingga layanan pesan antar.

Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat, Werey Prayogi, menyatakan untuk wilayah JBB diperkirakan akan terjadi peningkatan konsumsi BBM dan LPG jelang Natal dan Tahun Baru. Layanan ekstra Mobile Storage yang disiapkan Tim JBB di 53 titik, baik di jalur tol maupun non tol, konsumsinya terus meningkat.

“Peningkatan tersebut karena banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan Mobile Storage, yang ditempatkan di rest area yang tidak terdapat SPBU maupun jalur rawan macet yang jarak antar SPBU sangat jauh,” ungkap Prayogi.

Sementara Executive General Manager Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Sylvia Grace Yuvenna, menuturkan bahwa sejumlah layanan tambahan pada masa Satgas Nataru sudah tersedia di sepanjang Tol Trans Jawa, khususnya yang berada di wilayahnya mulai dari KM 252 hingga KM 259. Pertamina juga telah menyiapkan Mobil Siaga dan Motorist untuk melayani masyarakat mengisi BBM dengan sistem pesan antar melalui aplikasi MyPertamina maupun Pertamina Call Center di nomor 135.

“Untuk menambah stok BBM di SPBU, Pertamina juga telah menyiapkan SPBU kantong dalam wujud mobil tangki yang disiagakan di sejumlah SPBU. Ada 47 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tanki penuh kami siagakan di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik maupun area wisata yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan,” ujar Sylvia.

Pertamina mengaktifkan tambahan layanan seperti penempatan Pertashop di beberapa titik di jalan tol Trans Jawa dan sekaligus menyiagakan mobil tangki tambahan di SPBU sepanjang tol Trans Jawa.

Selain itu, menurut Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Jumali, Pertamina juga telah mengaktifkan tambahan-tambahan layanan seperti penempatan Pertashop di beberapa titik di jalan tol Trans Jawa sekaligus menyiagakan mobil tangki tambahan yang ditempatkan di SPBU sepanjang tol Trans Jawa.

“Kedua tambahan pelayanan tersebut dimaksudkan sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan maupun memecah antrian agar protokol kesehatan tetap terjaga. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan motorist maupun mobilist yang bisa dijangkau melalui kontak Pertamina 135,” jelas Jumali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here