Simulator proyek decommissioning di offshore North Sea yang dikembangkan oleh University of Aberdeen dan Net Zero Technology Centre.

Jakarta, Petrominer – Sinergi University of Aberdeen dan Net Zero Technology Centre telah menghasilkan sebuah simulator untuk menangani proyek decommissioning dan pengembangan energi terbarukan di lepas pantai (offshore). Pemanfaatkan simulator ini bisa menghemat biaya dalam pekerjaan decommissioning dan proyek lainnya di tengah laut.

Simulator tersebut dibangun di National Decommissioning Centre (NDC), yakni pusat penelitian dan pengembangan global yang berbasis di Newburgh, Aberdeenshire, dan merupakan kemitraan antara University of Aberdeen dan Net Zero Technology Centre. Peluncuran simulator tersebut dilakukan, Selasa (21/9) lalu.

Peralatan senilai £1,6 juta tersebut didanai bersama oleh Pemerintah Skotlandia, Pemerintah Inggris, dan Net Zero Technology Centre melalui Kesepakatan Wilayah Kota Aberdeen. Simulator ini dapat mengaplikasikan teknologi dan operasional kelautan yang terperinci serta pemodelan dan visualisasi data yang kompleks.

Peralatan canggih ini menyediakan lingkungan virtual yang aman, di mana pengguna dapat mensimulasikan operasi lepas pantai dan bawah laut secara real time. Misalnya pemindahan atau pemasangan infrastruktur energi, penggelaran berbagai peralatan dan kapal untuk melihat mana yang paling cocok untuk tugas tersebut, dan memperkenalkan tantangan-tantangan faktor seperti variabel cuaca dan kondisi pasang surut air laut.

Proyek pertama yang didanai untuk memanfaatkan simulator ini adalah penilaian teknik baru pemasangan sistem jangkar (anchor systems) untuk turbin angin terapung di lepas pantai. Bekerja sama dengan perusahaan lokal Aubin, proyek ini bertujuan merealisasikan metode pemasangan jangkar yang lebih hemat biaya.

Memanfaatkan kemampuan penanganan data dan visualisasi yang kuat, staf NDC juga membuat model virtual dari seluruh wilayah North Sea. Hal ini melibatkan pemetaan semua infrastruktur minyak, gas dan energi terbarukan serta mengumpulkan informasi penting seperti umur, emisi gas rumah kaca (GRK), dan penggunaan listrik.

Pemerintah Skotlandia mendukung proyek penelitian ini yang merupakan bagian dari proyek Data for Net Zero (D4NZ) yang dipimpin oleh Net Zero Technology Center. Staf NDC akan menggunakan model North Sea dan infrastrukturnya ini untuk memberikan manfaat lintas industri untuk berbagai pemangku kepentingan (stakeholders).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here