Paket perdana yang diberikan kepada petani terdiri dari 1 unit mesin, 1 buah tabung LPG 3 kg dan 1 set konverter kit beserta asesorisnya. (Ditjen Migas, Kementerian ESDM)

Jakarta, Petrominer – Pemerintah terus melaksanakan program-program yang manfaatnya langsung dinikmati oleh masyarakat. Salah satunya adalah Program Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk nelayan dan petani sasaran.

Pada tahun 2021 ini, Pemerintah cq. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan 56.000 unit paket konversi gratis kepada nelayan dan petani. Dengan rincian, 28.000 unit untuk nelayan dan 28.000 unit untuk petani.

Menurut Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Noor Arifin Muhammad, Ditjen Migas telah merampungkan pendataan nelayan dan petani yang akan menerima paket konversi tersebut. Kegiatan ini merupakan program yang langsung dihibahkan ke penerimanya.

Surat Pekerjaan Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran Tahun Anggaran 2021 telah ditandatangani, Senin (21/6). Penandatanganan perjanjian dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran, serta perwakilan PT Pertamina (Persero).

“Program Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran tahun ini akan dibagikan di 54 kabupaten/kota. Sementara Konversi BBM ke BBG untuk Petani Sasaran akan dibagikan di 50 kabupaten/kota,” ujar Noor Arifin.

Program Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran telah dilaksanakan Kementerian ESDM c.q Ditjen Migas sejak tahun 2016 dan hingga saat ini total telah terkonversi sebanyak 85.859 unit. Sedangkan untuk Konversi BBM ke BBG untuk Petani Sasaran telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan telah terkonversi sebanyak 11.000 unit.

Pertamina ditugaskan Pemerintah melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang berlaku dalam Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Hargas LPG untuk Kapal Penangkap Ikan Bagi Nelayan Sasaran dan Mesin Pompa Air bagi Petani Sasaran.

Program konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran adalah salah satu program yang mendukung diversifikasi energi. Pemilihan LPG sebagai energi alternatif yang dapat digunakan oleh nelayan dan petani karena sudah dikenal di masyarakat. Kinerja mesin penggerak atau mesin pompa air yang menggunakan LPG pun relatif sama untuk motor berdaya rendah, serta ramah lingkungan.

Program ini juga bermakna kemudahan akses energi dimana nelayan dan petani diberikan pilihan terhadap energi yang akan digunakan. Perekonomian nelayan dan petani juga terdampak karena dapat mengurangi biaya operasional sampai dengan 30-50 persen dibandingkan penggunaan BBM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here