Area panasbumi Darajat, Garut, Jawa Barat.

Serpong, Petrominer – ABB, sebuah perusahaan teknologi elektrifikasi, menyatakan telah mendapatkan kontrak penggantian sistem digital electro-hydraulic control (DEHC) untuk turbin uap di dua pembangkit listrik tenaga panasbumi (PLTP) di Jawa Barat. Penggantian sistem ini dilakukan untuk meningkatkan kehandalan dan kinerja operasional kedua pembangkit listrik tersebut.

“Kami berhasil mendapatkan kontrak kerja ini berdasarkan pengalaman dan rekam jejak panjang dalam teknologi digital maupun sistem kontrol turbin,” ujar Managing Director Power Generation & Water business ABB, Kevin Kosisko, Rabu (19/9).

Menurut Kevin, proyek penggantian tersebut akan meningkatkan fleksibilitas, keandalan, ketersediaan, dan mengurangi biaya pemeliharaan di kedua PLTP itu. Melalui proyek ini, ABB juga terus menjajaki teknologi digital baru yang dilengkapi dengan berbagai fitur sebagai enabler dan secara bersamaan mendukung upaya pelanggan untuk berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan.

“Kedua pembangkit listrik panas bumi yang telah menghasilkan energi terbarukan selama lebih dari dua dekade ini akan mendapat manfaat utama dari penggantian sistem kontrol turbin yang dilakukan ABB,” paparnya.

Kedua PLTP tersebut dimiliki dan dioperasikan oleh PT Indonesia Power. Pertama, PLTP 55 megawatt (MW) Darajat di Garut dengan turbin uap buatan MHI dan telah beroperasi selama 22 tahun. Kedua, PLTP Gunung Salak di Bogor dengan tiga unit pembangkit masing-masing sebesar 60 MW dan telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun melalui turbin uap yang diproduksi Ansaldo.

Mengingat kebutuhan penggunaan yang panjang, sistem kendali turbin yang dimiliki saat ini membutuhkan teknologi yang lebih terdepan, suku cadang dan dukungan teknis dari pabrikan asli, diperlukan peningkatan ke teknologi digital terbaru.

ABB akan mengganti sistem kontrol turbin dengan solusi control turbin ABB Ability ™ Symphony® Plus, termasuk kontrol pengatur, turbin dan start-otomatis dan Sistem Instrumentasi Pengawasan Turbin yang Terintegrasi atau Turbine Supervisory Instrumentation System (TSI) yang juga dikenal sebagai Sistem Pemantauan Getaran atau Vibration Monitoring System (VMS).

Ruang lingkup pasokan juga mencakup desain, teknik, instalasi dan komisioning, pelatihan dan pemeliharaan, dan layanan pasca-komisioning. Selain itu, ABB akan memasok sinkronisasi otomatis di PLTP Darajat dan katup stop utama dan katup kontrol pengatur untuk tiga turbin uap di PLTP Gunung Salak.

ABB Ability™ Symphony® Plus adalah bagian dari portofolio digital ABB Ability™, perangkat digital lintas industri terpadu, mulai dari perangkat sederhana sampai perangkat nirkabel yang lebih canggih hingga berbasis cloud. Sistem baru yang dipasang di PLTP Darajat dan PLTP Gunung Salak akan dilengkapi dengan fitur kontrol dan perlindungan digital terdepan—memfasilitasi pengguna dengan sistem operasi yang aman, andal, dan ekonomis seraya menawarkan akses yang lebih baik ke informasi operasional untuk memudahkan pemeliharaan dan meningkatkan ketersediaan. Keseluruhan proyek ini ditargetkan dengan perampungan secara bertahap hingga akhir 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here