Jakarta, Petrominer – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terus berupaya menaikan produksi minyak dan gas bumi (migas). Salah satunya dengan mendorong kegiatan pemboran sumur eksplorasi maupun pengembangan.

Berdasarkan data dari SKK Migas, sebanyak 103 sumur eksplorasi akan dibor sampai akhir tahun 2018 ini. Sementara di blok produksi, akan dibor 175 sumur pengembangan.

Selain pemboran sumur, juga dilakukan kegiatan lainnya seperti survey seismic 2 D dan 3 D di blok eksplorasi dan juga work over maupun well service di blok produksi.

Meski realisasi investasi tahun 2017 tidak mencapai target, SKK Migas bertekad untuk tahun ini akan bisa mendorong para KKKS untuk lebih banyak lagi investasinya. Salah satunya dengan mempercepat proses birokrasi izin.

Realisasi investasi tahun 2017 hanya sebesar US$ 9,33 miliar dari kesepakatan sebesar US$ 12,29 miliar atau hanya tercapai 80 persen. Dari angka tersebut, investasi di blok eksplorasi sebesar US$ 180 juta, sedangkan investasi untuk blok produksi sebesar US$ 9,15 miliar.

Namun untuk tahun 2018 ini, SKK Migas berharap realisasi investasi migas bisa naik minimal 20 persen menjadi US$ 12 miliar. Target tersebut tak lepas dari tren kenaikan harga minyak yang diharapkan bisa ikut mendongkrak kegiatan investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here