@Fachry Latief
General Manager PT Indonesia Power UPJP Priok, Herdiyanto Soekono saat meninjau kegiatan warga kader binaannya di Sabisa Farm, Bogor, Selasa (25/4). (Petrominer/ Fachry Latief)

Bogor, Petrominer — Sebagai puncak acara dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Bumi, PT Indonesia Power Unit Pembangkitan dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Priok membawa para warga kader binaannya ke Sabisa Farm, Bogor, Selasa (25/4).

Di fasilitas Agro Edu Tourism itu, para warga diberi pengenalan dasar tata pemuliaan tanaman. Mereka juga dibekali pengetahuan tentang perawatan tanaman hidroponik berbagai jenis sayuran, seperti kangkung, selada, bayam merah dan bayam hijau, romaine lettuce, kale, serta pokcoy.

Kegiatan ini dihadiri oleh General Manager PT Indonesia Power UPJP Priok, Herdiyanto Soekono; Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Karliansyah, serta Dekan Fakultas Pertanian IPB, Agus Purwito.

General Manager PT Indonesia Power UPJP Priok, Herdiyanto Soekono (kiri) dan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Karliansyah (kanan) saat memetik buah naga hasil dari petani Sabisa Farm, Bogor, Selasa (25/4). (Petrominer/ Fachry Latief)

Menurut Herdiyanto, Sabisa Farm telah menjadi inkubator bagi masyarakat binaan UPJP Priok dalam bidang pemuliaan tanaman khususnya tanaman buah dan sayur mayur, yang dikemas dalam program Mini-Arboretum UPJP Priok.

“Kami meyakini terjun langsung ke lapangan dan belajar dengan ahlinya dapat meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri masyarakat dalam mengelola produk pertanian. Tentunya masyarakat akan lebih siap untuk mandiri secara ekonomi dan bahkan dapat mengembangkan kompetensinya menuju kesejahteraan jangka panjang,” ujar Herdiyanto.

Agenda yang dilaksanakan di Sabisa Farm ini mengangkat tema “Mari Bersama Menyemai Hasil Bumi di Hari Bumi”, di mana produk-produk pertanian, perikanan, hingga peternakan dikemas secara komprehensif dalam khasanah Agro-Edu-Tourism. Mulai dari pengenalan tata pemuliaan tanaman, perawatan tanaman hingga pasca-panen.

Kegiatan diawali dengan kerja bakti di Kebun Buah Naga, yang kemudian dilanjutkan panen bersama sambil belajar pemuliaan tanaman buah oleh para pakar. Pada waktu yang bersamaan dan bertempat di Green House Sabisa, juga terdapat pengenalan dan dasar-dasar perawatan tanaman hidroponik berbagai jenis sayuran; seperti kangkung, selada. bayam merah dan bayam hijau, romaine lettuce, kale, serta pokcoy.

Para warga kader binaan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Priok saat meninjau ke Sabisa Farm, Bogor, Selasa (25/4). (Petrominer/ Fachry Latief)

Kegiatan menjadi lebih menarik dengan adanya panen bersama sayuran hidroponik, yang merupakan salah satu produk kebanggaan Sabisa Farm. Sajian buah dari hasil kebun Sabisi juga menambah nilai tersendiri, dan tak kalah menarik juga terdapat kuliner sajian nusantara dari produk perikanan (Lele, Patin, dan Nila) dan peternakan (Kambing Sabisa Farm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here