Gowa, Petrominer – Peningkatan kapasitas sumber daya manusia sangat erat kaitannya dengan kemampuan literasi. Perpustakaan dan taman baca merupakan salah satu wahana yang berperan penting di dalamnya untuk menyediakan sumber bacaan.

Sebagai upaya meningkatkan literasi masyarakat, PT Pertamina (Persero) membangun lima Taman Baca di lima Lokasi Lorong Literasi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Peresmian bantuan Taman Baca tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pjs. Unit Manager Communication & CSR MOR VII Cecep Supriyatna kepada Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan, di TK ILLIYYIN Kelurahan Tompobalang, Gowa, Jum’at (5/9).

“Bantuan yang diberikan untuk masing-masing Taman Baca berupa Buku Cetak 500 eksemplar, Buku Elektronik, 5 Rak display dan penyimpanan buku, Meja dan Kursi, Alat dan Kelengkapan Dekorasi Ruang, Poster-poster, Perangkat Audio Visual, Paket Teknologi, serta Alat Peraga Edukatif. Total nilai bantuan yang diberikan bagi bagi kelima Taman Baca ini sebesar Rp 200 juta rupiah.

Menurut Cecep, bantuan Taman Baca juga dimaksudkan untuk mendorong minat baca masyarakat. Apalagi, minat baca masyarakat Indonesia masih rendah.

Berdasarkan data studi dari Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Data Perpustakaan Nasional tahun 2017 juga menunjukkan frekuensi membaca orang Indonesia rata-rata hanya tiga sampai empat kali per minggu.

Karena itulah, jelasnya, Taman Baca hadir sebagai upaya untuk menumbuhkan literasi melalui kegiatan membaca. Selain mendorong literasi, Taman Baca ini diharapkan dapat membuka akses masyarakat terhadap sumber-sumber pengetahuan sehingga masyarakat menjadi lebih cerdas, sesuai dengan tujuan diberikannya bantuan ini.

Cecep menambahkan, kebiasaan membaca tidak bisa terbentuk secara tiba-tiba ataupun dipaksakan, jadi perlu pembinaan sejak dini. “Selain itu, peran orang tua juga sangat penting menumbuhkan minat baca agar menjadi suatu kebiasaan bagi anak-anak. Karenanya orang tua juga kami libatkan dalam sosialisasi Taman Baca ini, selain menggandeng pemda setempat,” jelasnya.

Lorong Literasi Gowa merupakan kerjasama Pertamina dengan Harian Fajar serta dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa. Program Lorong Literasi Gowa 2018 ini menghadirkan lorong-lorong di Kelurahan dengan tambahan taman bermain dan taman baca bagi anak-anak.

Bantuan Taman Baca ini merupakan program nasional kerjasama Pertamina dan Balai Pustaka. Khusus di wilayah Sulawesi ada sembilan taman baca yang dubangun. Selain lima Taman Baca di lima Lorong Literasi di Gowa, Pertamina juga mendirikan tiga Taman Baca di SD Manada satu unit dan SD di Pare-pare dua unit, serta satu lagi di SMA di Luwu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here