Jakarta, Petrominer – “Akses Mudah Layanan Listrik” semakin dekat di genggaman Anda. Layanan ini dipastikan PT PLN (Persero) usai diluncurkannya aplikasi PLN MOBILE versi IOS (iPhone Operating System) di Hari Listrik Nasional yang ke-72.

Tak hanya itu, layanan PLN pun semakin cepat dan pasti berkat tambahan fitur baru, yakni Fitur Tracking Regu Pelayanan Teknik dan Fitur Rating atau Feedback Layanan Teknik. Inovasi ini merupakan bentuk continuous improvement PLN sebagai perusahaan pelayanan publik.

“PLN akan selalu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui penyediaan tenaga listrik yang handal dan berkualitas. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan semangat berinovasi dan terus memperbaiki diri,” ujar Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, usai upacara Hari Listrik Nasional (HLN) ke-72, Jum’at pagi (27/10).

PLN MOBILE adalah suatu aplikasi Mobile Customer Self Service yang terintegrasi dengan Aplikasi Pen-gaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). PLN MOBILE merupakan wujud inovasi dan layanan Contact Center PLN 123 yang juga dapat diakses melalui telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id.

Sebelumnya pada perayaan HLN ke-71, PLN meluncurkan aplikasi PLN MOBILE untuk OS Android. Kini PLN MOBILE melebarkan jangkauan hingga ke IOS, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat mengkases layanan listrik dengan mudah.

Layanan pun dapat diatasi dengan cepat dan berkualitas karena aplikasi ini telah dilengkapi dengan Fitur Tracking Regu Pelayanan Teknik dan Fitur Rating atau Feedback Layanan Teknik. Untuk menyediakan layanan tracking, PLN telah mempersenjatai petugas pelayanan teknik dengan aplikasi mobile APKT (Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu) untuk operasional. Aplikasi ini akan memberikan informasi ke Command Center Pelayanan Teknik dan Pelanggan berdasarkan kegiatan di lapangan dan lokasi koordinat petugas, sehingga status tracking regu pelayanan teknik dapat dilihat secara realtime.

Pada tahap pertama, implementasi fungsi tracking ini tersedia di 14 wilayah kerja PLN, yakni PLN Distri-busi Jakarta Raya, Distribusi Banten, Distribusi Jawa Barat, Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Distribusi Jawa Timur, Distribusi Bali, Wilayah Aceh, Wilayah Sumatera Utara, Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Wilayah Bangka Belitung, Wilayah Kalimantan Timur, Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, serta Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

“Penggunaan aplikasi mobile di operasional memberikan efisiensi dari segi waktu dan personal regu pelayanan teknik. Layanan PLN yang cepat dan tepat pun dapat terpenuhi. PLN menjadi lebih dekat dengan pelanggan dan dapat memberikan kepastian layanan kepada pelanggan yang tersedia selama 24 jam,” pungkas Sofyan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here