Director ATW Solar Residensial Chairiman (kiri), President Director ATW Group Arus Sempaka (kedua kiri), President Commisioner ATW Group Caroline Weno (tengah), Commisioner ATW Group Eddie Widiono S (kedua kanan), dan Head of Research & Development Division ATW Group Roynaldo H (kanan), melakukan prosesi peluncuran aplikasi ATW Solar Apps dan Solar Access di Jakarta, Selasa (17/1). (Petrominer/Fachry Latief)

Jakarta, Petrominer – Kini, masyarakat kian dipermudah jika ingin memasang sistem panel surya atau pembangkit listrik tenaga surya atap di rumah (PLTS Atap). Dengan mengakses sebuah aplikasi di smartphone, masyarakat bisa mengakses informasi terperinci mengenai panel surya. Mulai dari pembelian, pemasangan hingga besaran investasinya.

Perusahaan solusi panel surya, ATW Solar, melakukan inovasi terbaru dengan meluncurkan ATW Solar Apps dan Solar Access untuk mempermudah masyarakat Indonesia mengakses panel surya. Hal ini sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menyebarkan manfaat dari penggunaan energi terbarukan khususnya panel surya.

Director ATW Solar Residensial, Chairiman menjelaskan bahwa ATW Solar Apps adalah aplikasi untuk melakukan proses pembelian hingga pemasangan panel surya bagi konsumen baru. Aplikasi ini mampu melakukan simulasi perhitungan kebutuhan untuk pemasangan panel surya.

“Melalui peluncuran aplikasi ini, kami berharap lebih banyak lagi masyarakat yang memiliki akses untuk merasakan manfaat dari panel surya. ATW Solar sangat optimis dengan peluncuran aplikasi ini karena dapat menjadi jembatan menuju Indonesia yang lebih baik seperti mampu menjawab tantangan global yaitu perubahan iklim dan digitalisasi,” jelas Chairiman dalam acara peluncuran aplikasi ATW Solar Apps dan Solar Access, Selasa (17/13).

Melalui aplikasi ini, masyarakat semakin mudah dalam melakukan pemasangan maupun mengakses sistem panel surya dari ATW Solar. Hal ini sebagai bentuk komitmen ATW Solar dalam menyebarkan manfaat dari penggunaan energi terbarukan, khususnya panel surya.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi sangat mencerminkan kemudahan di era digitalisasi saat ini. Salah satu fitur unggulan pada aplikasi ini adalah pin point lokasi simulasi pemasangan panel surya pada atap (PLTS Atap). Dengan fitur ini pengguna bisa melihat seberapa besar panel surya yang bisa dipasang dengan kondisi luas atap yang tersedia. Dilengkapi tampilan 3D, fitur ini memiliki tingkat akurasi sebesar 90 persen. Sehingga gambaran awal ini dapat menjawab pertanyaan dari calon pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan panel surya.

”Kelebihan lainnya dari aplikasi ini, kami tentu akan lebih cepat dalam memberikan pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan dan efektif dibandingkan sistem terdahulu,” ujar Chairiman.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Research & Development Division ATW Group, Roynaldo H. Menyebutkan bahwa selain ATW Solar Apps, aplikasi lainnya yang diluncurkan yakni Solar Access. Ini adalah aplikasi monitoring dari sebuah sistem panel surya yang membuat penggunanya bisa memantau aktivitas panel surya milik mereka secara real-time, kapan pun dan di mana pun. Pengguna bisa mengetahui berapa besar energi listrik yang dihasilkan dari panel surya, hingga berapa besar energi listrik yang telah digunakan.

“Semua tampilan yang ada pada kedua aplikasi tersebut tentu sangat user-friendly sehingga mudah dipelajari dan nyaman saat digunakan. Kami berharap dengan peluncuran dua aplikasi ini dapat membuat masyarakat lebih tertarik juga memahami penggunaan seputar panel surya. Tentu saja pelanggan akan mendapatkan manfaat nyata terkait penghematan biaya listrik yang signifikan,” kata Roynaldo.

ATW Solar Apps dan Solar Access dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Sejak didirikan tahun 2017, ATW Solar berfokus pada penyebaran pemasangan sistem panel surya di seluruh Indonesia sebagai energi terbarukan yang menjadi kunci tercapainya visi ATW Solar, yakni “membuat semua orang merdeka energi.” Mengusung konsep bisnis terintegrasi, ATW Solar berusaha untuk menciptakan rantai pasok yang lebih baik.

Dalam 5 tahun terakhir, ATW Solar telah melakukan pemasangan panel surya pada rumah, kantor, sekolah, dan pabrik. Saat ini, terdapat 80 MWp panel surya yang terpasang di seluruh Indonesia untuk membagikan pengetahuan tentang panel surya lewat booth showcase.

Pada tahun ini, perusahaan berfokus untuk melakukan pengembangan teknologi digital dalam produk sistem penggunaan panel surya, sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih luas bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Saat ini, ATW Solar telah memiliki lebih dari 4.000 pelanggan skala residensial dan 60 pelanggan skala commercial & industrial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here