Penemuan sumur eksplorasi sampai September 2021. (SKK Migas)

Jakarta, Petrominer – SKK Migas menyebutkan bahwa success ratio pengeboran sumur eksplorasi di Indonesia tahun 2021 ini mencapai 75 persen. Selain ikut mendorong kenaikan tingkat pengembalian cadangan (Reserve Replacement Ratio/RRR) migas, kinerja ini juga memberi tambahan cadangan migas baru yang cukup signifikan.

Deputi Perencanaan SKK Migas, Benny Lubiantara, menjelaskan sampai September 2021, dari 12 sumur eksplorasi yang sudah selesai dibor, sembilan sumur berhasil menemukan cadangan baru migas (discovery). Keberhasilan ini memberi tambahan sumberdaya migas sebesar 179 MMBOE (juta barel setara minyak).

Discovery tersebut berasal dari sumur Singa Laut-2 (Premier Oil Tuna), Hidayah-1 (Petronas North Madura), Pakuaji-2 (Jindi South Jambi B), MSDE-01A (EMP Malacca Strait), DOS-1 (Re-Test) (Pertamina EP), Rayu-1 (Re-Test) (Pertamina EP), Fanny-2 (PHE OSES), Maha-2 (ENI West Ganal), dan West Penyu-01 (Pertamina EP),” ungkap Benny dalam Jumpa Pers Kinerja Hulu Migas Kuartal III-2021 yang dilakukan secara daring, Selasa (19/10).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dari Sembilan discovery tersebut, ada tiga penemuan besar, yakni Hidayah-1 (Oil) sebesar 87 MMBOE, Maha-2 (Gas) 0,5 TCF dan SingaLaut-2 (Gas) 0,2 TCF. Sehingga didapat total sumberdaya sebesar 179 MMBOE.

Kinerja ini mendorong kenaikan RRR migas dan memberi tambahan cadangan migas sebesar 564 MMBOE. Jumlah ini setara dengan 83,3 persen dari keseluruhan target tahun 2021 sebesar 625 MMBOE.

“Sampai September 2021, capaian RRR telah memberikan tambahan cadangan sebesar 564 MMBO,” ujar Benny.

SKK Migas memperkirakan setidaknya capaian RRR di akhir tahun adalah sebesar 186 persen. Namun jika usulan insentif disetujui Pemerintah, maka capaian RRR tahun 2021 bisa mencapai 240 persen. Penambahan cadangan migas secara signifikan diperkirakan akan terjadi di bulan November dan Desember 2021.

“Target RRR sebesar 100 persen, sebagai salah satu key performance indicator (KPI) SKK Migas, dipastikan akan melampui target. Tinggal berapa besar pelampauan target yang bisa direalisasikan, lihat saja nanti,” tegasnya.

Reserve Replacement Ratio (RRR) migas sampai September 2021. (SKK Migas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here