Jakarta, Petrominer – Wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, bakal segera mendapat tambahan pasokan listrik. Pasalnya, PT PLN (Persero) tengah melakukan uji komisioning Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Kupang Peaker berkapasitas 40 megawatt (MW).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda, menjelaskan uji komisioning tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan pembangkit dalam mengalirkan listrik ke sistem kelistrikan. Pembangkit ini diharapkan bisa beroperasi dalam waktu tidak lama lagi.

“PLTMG Kupang Peaker sedang uji komisioning, rencana selesai pertengahan Agustus 2020. Kami optimistis PLTMG Kupang Peaker dapat beroperasi secara komersial dalam waktu dekat,” ujar Syamsul Huda, Rabu (8/7).

Dia juga menjelaskan, beroperasinya PLTMG Kupang Peaker akan meningkatkan pasokan daya di Sistem Timor menjadi 143 MW, dengan beban puncak 106 MW. Pasokan daya listrik dari pembangkit tersebut akan disalurkan ke jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KiloVolt (KV) di Sistem Timor.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah membantu lancarnya pembangunan infrastruktur kelistrikan ini, khususnya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Semoga tambahan pasokan listrik dari infrastruktur ini diharapkan dapat meningkatkan rasio elektrifikasi dan pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Syamsul Huda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here