Jakarta, Petrominer – PLN selalu berupaya meningkatkan penggunaan energi yang efisien dan ramah lingkungan. Hal ini direalisasikan salah satu anak usahanya, yakni PT Indonesia Power, dalam mengoperasikan dan mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 2.

General Manager Indonesia Power Priok Power Generation and O&M Services Unit (POMU), Suparlan menjelaskan, sebagai pembangkit berbahan bakar gas, PLTGU Jawa 2 merupakan pembangkit dengan tipe load follower ataupun peaker karena dapat membangkitkan listrik dalam waktu cepat. Pembangkit ini memproduksi daya sebesar 800 Megawatt (MW), yang berasal dari Gas Turbine 2×300 MW dan Steam Turbine 1×200 MW.

“PLTGU Jawa 2 didesain lebih efisien dan ramah lingkungan. Hal ini didukung dengan sistem pembakaran Dry Low Nitrogen Oksida (NOx) Type Combuster sehingga menghasilkan emisi gas buang pembangkit NOx ramah lingkungan,” jelas Suparlan saat menerima kunjungan media di lokasi pembangkit di area Indonesia Power Priok Power Generation and O&M Services Unit (POMU), Jakarta Utara, Rabu (3/2).

Daya yang dihasilkan PLTGU Jawa 2 disalurkan melalui Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV Priok, selanjutnya dari IBT 500 kV/150 kV disalurkan ke sistem jaringan 150 kV ke arah GIS 150 kV Priok Timur Baru dan GIS 150 kV Priok Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here