Apel Kesiapan Asian Games 2018 digelar untuk memperlihatkan keseriusan dan kesiapan PLN mengawal Asian Games 2018.

Jakarta, Petrominer – PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik selama berlangsungnya Asian Games 2018 aman, baik di Jakarta maupun di Palembang. Bahkan, PLN telah memasang pengamanan jaringan yang berlapis, demi menyukseskan acara ini.

“Jaringan berlapis ini khususnya diterapkan di venue-venue Asian Games. Lapisan pengamanannya mulai dari tiga hingga lima lapis. Bahkan beberapa lokasi prioritas sampai lima lapis, ada jaringan, genset, ups dan sebagainya,” kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS, usai memimpin Apel Kesiapan Asian Games 2018 PLN di Silang Monas, Kamis (9/8).

Untuk menjaga pasokan listrik Asian Games 2018, jelas Haryanto, PLN juga telah menyiapkan personel hingga 3.500 orang untuk Jakarta dan Palembang. Khusus di Jakarta, personel yang disiapkan sebanyak 2.500 orang. Para personel ini dilengkapi dengam berbagai peralatan lengkap mulai dari rompi hingga power bank raksasa yang bisa dimanfaatkan sebagai backuplistrik sementara.

Selain pengamanan, PLN juga siap menambah pasokan listrik. Pasalnya, selama Asian Games 2018, PLN mendapat permintaan tambahan listrik mencapai 40 megawatt (MW). Angka ini menurut lebih tinggi dua kali lipat dari paoskan harian.

“Kapasitas listrik Jawa Bali itu 35 ribu MW, saat Asian Games 2018 perkiraan beban puncak bisa mencapai 25 ribu MW, jadi masih ada cadangan 10 ribu MW,” ujar Haryanto.

Apel Kesiapan Asian Games 2018 digelar untuk memperlihatkan keseriusan dan kesiapan PLN mengawal pesta olah raga tingkat Asia ini. Para personil PLN disiagakan untuk menjaga pasokan listrik di venue pertandingan Asian Games. Seluruh peralatan pun telah dicek agar maksimal bekerja dengan baik.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS.

“Persiapan telah dilakukan untuk menghadapi perhelatan Asian Games termasuk bidang tenaga listrik tahap pertama dilakukan penguatan pasokan, persiapan pembangkit, dan energi primer,” ujar Haryanto.

Di Jakarta dan Jawa Barat, pengamanan pasokan listrik yang bakal dijaga meliputi 37 venue dan Wisma Atlet. Dukungan PLN dengan memasang 90 posko juga ditempatkan di tempat latihan. Beban puncak penggunaan listrik di wilayah ibu tota telah diantisipasi termasuk alokasi untuk Asian Games.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here