General Manager PLN Disjaya, M. Ikhsan Assad. (Petrominer/Sony)

Jakarta, Petrominer – Sejumlah terobosan dalam pelayanan pelanggan terus dilakukan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya). Ini dilakukan untuk memudahkan pelanggan mendapatkan listrik dan juga kemudahan lainnya.

Ini dilakukan menyambut tantangan mencapai peringkat ke-25 Ease of Doing Business (EoDB) pada tahun 2019 mendatang. Tahun ini, Indonesia berhasil memperbaiki layanan penyambungan listrik yang ditandai dengan naiknya peringkat dari 91 menjadi 72. Sementara dalam kemudahan mendapatkan listrik, menduduki peringkat 38 dari 49 sebelumnya.

Suevey EoDB ini dilakukan Bank Dunia setiap tahunnya. Hasil survey ini diharapkan bisa untuk menarik investor dan meningkatkan perekonomian negara.

“Target kita ke depan untuk pelayanan dari survey Bank Dunia waktu pelayanan dari 25 hari menjadi 10 hari. Bahkan di tahun 2019, kita jadikan empat hari saja langsung sambung. Pelanggan juga tidak perlu dibebani dengan biaya yang harus dibayarkan di muka, karena saat ini bisa dicicil dengan bunga 0 persen,” ujar Kepala Divisi Niaga PLN, Yuddy Setyo Wicaksono, pada acara Customer Enlightenment: Ease of Enjoying Electricity, Kamis (1/2).

Sebelumnya, General Manager PLN Disjaya, M. Ikhsan Assad, melaporkan bahwa pihaknya telah memberikan pelayanan yang excellent kepada para pelanggannya. Terobosan-terobosan yang dilakukan antara lain Contact Center 123 (CC 123) dan PLN Mobile sebagai layanan satu pintu yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Menurut Ikhsan, PLN Disjaya sebelumnya memiliki lima tahap pelayanan untuk pelanggan dalam mendapatkan listrik. Tahun 2018 ini, dipangkas menjadi empat tahap. Ke depan, yang ditargetkan tahun 2019, PLN Disjaya akan meningkatkan kualitas pelayanan dan mewujudkan kemudahan dalam mendapatkan listrik dengan menyederhanakannya menjadi dua tahap. Demikian juga dengan sisi waktu atau durasi pelayanan.

Tidak hanya pelayanan, PLN Disjaya juga memberikan kualitas kehandalan pasokan yang terbaik. Inovasi-inovasi pun telah dikembangkan untuk para pelanggan. Antara lain, Power Bank sebagai express power service yang ramah lingkungan dan efisien, Layanan Prioritas serta SPLU.

“Terobosan-terobosan ini tidak lain ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dari segala lini, mulai dari kegiatan pembangunan masa konstruksi, Pelanggan Premium dari Layanan Prioritas dengan jaminan tanpa padam, hingga kenyamanan penyediaan listrik untuk Kendaraan listrik di Indonesia,” ungkap Ikhsan dalam acara yang dihadiri oleh para pelanggan besar itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here