Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, sedang mengisi baterai mobil di SPKLU Rest Area Km 519 A, Sragen, Jawa Tengah.

Sragen, Petrominer – Pemilik kendaraan listrik kian dimanjakan. PLN membangun empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas tol Jakarta-Surabaya (Trans Jawa). Fasilitas ini disiapkan untuk memberikan rasa nyaman kepada para pelanggan.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, menjelaskan kehadiran SPKLU tersebut sebagai bagian dari upaya menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai. Keempat SPKLU di ruas tol Trans Jawa itu merupakan hasil kolaborasi antara PLN dan Jasa Marga, yang berada di Rest Area Km 207 A Palikanci, Rest Area 379 Batang, serta Rest Area Km 519 A dan B Sragen.

“Fasilitas SPKLU di empat titik ini disediakan PLN untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna mobil listrik dan untuk mengakomodir kebutuhan pengisan baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya,” ujar Bob usai meresmikan SPKLU Rest Area Km 519 A Sragen, Jawa Tengah, Kamis (24/12).

Menurutnya, peresmian SPKLU ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Acara peresmian dihadiri Komisaris PLN, Eko Sulistyo, Kepala Dinas ESDM Sujarwanto Dwiatmoko, Sekda Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto mewakili Bupati Sragen dan Jajaran Forkompimda Kabupaten Sragen.

“PLN ingin memberikan kenyamanan warga pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum,” ungkap Bob.

Keterbatasan jarak tempuh dan minimnya infrastruktur pengisian listrik, selalu menjadi kendala penggunaan mobil listrik saat ini, sehingga kebanyakan mobil listrik hanya dipakai di dalam kota saja. Namun adanya empat SPKLU baru di ruas tol Trans Jawa, akan lebih memudahkan orang berpergian dengan jarak yang jauh menggunakan mobil listrik.

Hingga tahun 2025 mendatang, PLN berencana akan membangun 2.400 SPKLU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here