Direktur Utama PJB Iwan Agung Firstantara dan Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis usai menandatangani sebuah Nota kesepahaman (MoU) antara PJB dengan UI, di kampus Fakultas Teknik UI, Kamis (6/7).

Depok, Petrominer — PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang Teknologi dan Pengetahuan. Kerja sama tersebut meliputi pendidikan dan pelatihan, penelitian, kajian pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pendayagunaan kemampuan perekayasaan industri.

“Kerja sama PJB dengan Universitas Indonesia (UI) ini memiliki nilai strategis bagi peningkatan kompetensi SDM PJB di bidang teknologi,” ujar Direktur Utama PJB Iwan Agung Firstantara usai menandatangani sebuah Nota kesepahaman (MoU) dengan Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis, di kampus Fakultas Teknik UI, Kamis (6/7).

Berdasarkan MoU tersebut, UI akan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi SDM PJB di bidang teknologi. Selain itu, UI juga akan memberikan pendampingan dalam kajian teknologi, konsultasi permasalahan teknik pembangkit, kajian proses pengadaan peralatan pembangkit, dan kajian dalam penerapan teknologi yang berkaitan dengan efisiensi energi, teknologi gasifikasi, serta pembangkit energi baru terbarukan.

Menurut Iwan Agung, penguasaan teknologi bagi PJB merupakan salah satu kebutuhan vital. Perguruan tinggi menjadi salah satu mitra dalam meningkatkan kompetensi SDM PJB di bidang teknologi. Apalagi, jelasnya, perkembangan PJB tidak lepas dari peran serta perguruan tinggi.

“Ada sumbangsih perguruan tinggi dalam peningkatan kompetensi SDM, kajian, problem solving, penelitian serta pengembangan teknologi yang dilakukan PJB. Kami telah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di tanah air, termasuk dengan Universitas Indonesia,” kata Iwan Agung.

Kerja sama antara PJB dengan UI bukan baru kali ini saja dilakukan. PJB sudah beberapa kali menggandeng UI dalam melakukan beberapa kajian. Saat ini, UI tengah melakukan kajian reklamasi Muara Karang dan reklamasi Muara Bekasi. Selain itu juga tengah dilakukan kajian dan permodelan CFD untuk boiler FTP luar Jawa. Ke depan, PJB akan menjajaki kerja sama dalam pengembangan pembangkit listrik biomassa dan pengembangan PLTU Merah Putih Nasional.

Selain kerja sama dalam wujud MoU, UI selama juga menjadi salah satu institusi pendidikan tempat karyawan PJB menimba ilmu.

Kamis pagi, salah satu karyawan PJB, Henry Pariaman Sitorus, telah menjalani sidang terbuka promosi Doktor Teknik elektro dengan disertasi berjudul Pengembangan Teknik Pemeliharaan Terintegrasi Berbasis Keandalan, risiko dan Kondisi Peningkatan Ketersediaan Pembangkit Listrik.

Karyawan yang menjabat sebagai Kepala Divisi Teknologi PJB tersebut dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan. Dia menjadi doktor teknik elektro pertama yang dimiliki PJB.

Direktur Utama PJB menyampaikan apresiasi dan berharap agar penelitian yang dilakukan Henry terkait metode teknik pemeliharaan terintegrasi dapat diinseminasi ke seluruh pembangkit PJB dan PLN. Selain itu, prestasi Henry tersebut juga bisa dijadikans ebagai motivasi bagi karyawan untuk memberikan sumbangsih bagi akademisi dan pembangkitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here