Jakarta, Petrominer – PT Pertamina (Persero) meraih 16 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Emas 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Ke 16 penerima Proper Emas di Lingkungan Pertamina Grup yaitu PT Pertamina EP Subang Field, PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang, PT Pertamina Hulu Energi WMO, JOB Pertamina–Medco Energi Tomori Sulawesi, PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, PT Badak LNG, PT Pertamina (Persero) RU VI Kilang Balongan, PT Pertamina (Persero) RU IV Kilang Cilacap, PT Pertamina RU II Sei Pakning, PT Pertamina Geothermal Energi Are Kamojang , PT Pertamina MOR IV Fuel Terminal Boyolali, PT Pertamina MOR IV Fuel Maos, PT Pertamina MOR IV Fuel Terminal Rewulu, PT Pertamina MOR V Fuel Terminal Tanjung Wangi, PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field dan PT Pertamina Gas Area Jawa Bagian Timur.

Selain itu, Pertamina melalui PT Polytama Propindo yang merupakan anak perusahaan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), menjadi satu-satunya penerima Proper Emas 2020 untuk kategori Petrokimia. TPPI merupakan perusahaan yang diakuisisi Pertamina akhir tahun 2019 dan disiapkan untuk pengembangan bisnis petrokimia di masa depan.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, pencapaian ini kian memperkuat komitmen Pertamina untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka Panjang. Hal ini sejalan dengan penerapan Environment Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Penghargaan Proper diserahkan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, kepada Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, pada acara Anugerah Proper yang berlangsung di Auditorium Manggala Wanabakti, Senin (14/12).

“Proper ini selaras dengan komitmen Pertamina untuk menjaga keseimbangan antara kinerja ekonomi, kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat untuk mencapai pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Ini energi peduli kami,” ujar Fajriyah, Selasa (15/12).

Dia menuturkan, tingkat kepatuhan Pertamina dan unit operasi pada sosial dan lingkungan terlihat pada kesertaan selama tiga tahun terakhir. Pada tahun 2017, Pertamina meraih 11 dari 19 Proper Emas. Lalu pada tahun 2018, Pertamina memperoleh 14 dari 20 Proper Emas. Sedangkan tahun 2019, memperoleh 13 dari 26 Proper Emas.

Selain memperoleh 16 Proper Emas tahun 2020 ini, peringkat Proper Hijau diperoleh di 76 lokasi Unit Operasi/Anak Perusahaan Pertamina atau 45 persen dari jumlah penerima Proper Hijau Nasional.

“Pencapaian tersebut menandakan Pertamina telah konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan,” ungkap Fajriyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here