Malang, Petrominer – Sebanyak 60 pelajar SMK di kota Malang, Jawa Timur, mengikuti pelatihan untuk memacu semangat dan menambah keilmuan mereka sebagai bekal kelak untuk bersaing di dunia kerja. Dalam pelatihan selama empat hari itu, para pelajar diberi wawasan lebih untuk mendalami dan menggali potensi soft skill mereka.

Kegiatan pembinaan dan pengembangan pelajar SMK tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Lubricants. Pelatihan yang berlangsung tanggal 10-13 Desember 2018 itu diikuti para pelajar dari empat SMK terpilih, yakni SMK 1 Muhammadiyah Kota Malang, SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi, SMK 6 Malang dan SMK Putra Indonesia.

Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan SMK berbasis kompetensi Link & Match dengan industri tersebut digelar di BLKI Singosari Malang.

Dalam kesempatan itu, para peserta diberikan wawasan lebih untuk mendalami dan menggali potensi soft skill guna bersaing dalam dunia kerja industri setelah mendapatkan program magang atau lulus sekolah. Kegiatan tersebut berfokus kepada character building, creative thinking, capacity building, kewirausahaan dan marketing ditambah dengan penguatan aspek kesehatan dan keselamatan kerja di dalam industri maupun laboratorium/bengkel.

Assistant HR & GA Sales Region V Pertamina Lubricants, Ratna Haifa, menjelaskan bahwa program Link & Match dengan industri kerja merupakan salah satu program CSR Pertamina Lubricants yang secara resmi diluncurkan tahun 2017 dan dikembangkan dengan konsep CSV (Creating Shared Value).

Lihat juga: Enduro Student Program Bekali Siswa SMK Berwirausaha

Menurut Ratna, program Link & Match ini bersinergi dengan PT Pertamina Training & Consuting. Sinergi ini dimaksudkan agar anak perusahaan dari Pertamina Group dapat menjalin hubungan yang baik dan saling membantu dalam membangun kemandirian di masyarakat guna memberikan penguatan dalam kurikulum melalui pelatihan K3 dan Amdal.

Dia berharap, peserta dapat turut aktif mengikuti program dan mengoptimalkan kesempatan yang diberikan melalui pelatihan yang berjalan, sehingga kedepannya memiliki kesiapan untuk bersaing di industri kerja yang terus berkembang.

Kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat dan menambah keilmuan bagi para peserta dan menjadi bekal untuk dapat bersaing masuk ke dunia kerja. Keilmuan di dunia industri yang dilatih melalui kegiatan ini sangat penting sebagai salah satu dasar untuk memasuki dunia kerja. SMK selain dengan taglinenya “SMK Bisa” harus juga mempunyai soft skill disamping keahlian yang didapatkan di sekolah.

Selain program Link & Match dalam membina tenaga muda produktif, Pertamina Lubricants juga terus mengembangkan program-program unggulan diantaranya Enduro Student Program (ESP) dengan pendekatan Creating Share Value (CSV) merupakan program khusus pendidikan perbengkelan roda dua bagi lulusan SMK yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang berwawasan lingkungan dan dengan perencanaan bisnis yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here