Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, memasak menggunakan kompor dengan bahan bakar gas usai meresmikan jargas tahap kedua di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (31/3).

Palembang, Petrominer – Warga Kota Palembang yang mendapatkan manfaat jaringan gas (jargas) rumah tangga terus bertambah. Sebanyak 4.315 Sambungan Rumah (SR) kini telah tersambung dalam jargas yang dibangun dengan APBN 2018.

Ini merupakan kedua kalinya Palembang mendapatkan program jargas setelah tahun 2009, dengan total keseluruhan 7.626 SR. Untuk pembangunan tahun 2018 ini, Pemerintah kembali menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk melaksanakan pembangunan, pengoperasian serta pengembangan jargas melalui afiliasinya, PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertagas Niaga.

“Setiap tahunnya Pemerintah mengeluarkan APBN untuk jargas di berbagai daerah, sehingga makin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Volumenya akan kita tambah kedepan. Sesuai amanat bapak Presiden, sumber daya alam harus bisa dinikmati oleh warga setempat,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, ketika meresmikan jargas tahap kedua Kota Palembang, Minggu (31/3).

Acara peresmian berlangsung di Lapangan Patrajaya Palembang. Dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Walikota Palembang Harnojoyo, Kepala SKK Migas Dwi Sucipto, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan Kepala BPH Migas Fansurullah Asa.

Menurut Jonan, penggunaan jargas membuat masyarakat bisa berhemat dibandingkan menggunakan LPG. Hal ini tentunya akan meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan gas alam sebagai energi yang bersih, praktis, ekonomis dengan suplai 24 jam dan juga aman.

“Gas kota yang memiliki berat jenis ringan dan tekanan rendah, sehingga dipastikan aman dipergunakan di rumah. Juga lebih praktis, ibu-ibu tidak perlu repot membeli dan mengganti tabung LPG nya jika habis,” jelasnya.

Jargas Kota Palembang dibangun di Kelurahan Tuan Kentang, Lima Ulu, Enam Belas Ulu dan Plaju Ulu. Jargas ini mendapatkan pasokan gas dari PT Medco E&P Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here