SPKLU PLN di halaman Kantor Pusat PLN, Jakarta.

Jakarta, Petrominer – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memperkenalkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan teknologi ultra-fast charging pertama di Indonesia. Fasilitas ini juga menjadi satu-satunya di Indonesia.

Product knowledge terkait SPKLU tersebut digelar di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya, Selasa (29/10). Kegiatan ini berlangsung sehari setelah PLN secara serentak meresmikan lima SPKLU dalam rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 di AEON Mall BSD, Serpong, Tangerang Selatan.

Menurut General Manager PLN UID Jakarta Raya, M Ikhsan Asaad, SPKLU PLN ultra-fast charging berkapasitas 150 kiloWatt itu mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu hanya 20 menit. Fasilitas ini baru tersedia di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya.

Selain SPKLU PLN ultra-fast charging, PLN UID Jakarta Raya juga menyediakan dua unit SPKLU teknologi fast charging dengan masing-masing daya 50 kiloWatt dan 25 kiloWatt. SPKLU fast charging 50 kiloWatt ini mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam. Sementara SPKLU fast charging 25 kiloWatt mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di halaman Kantor PLN Pusat, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Di Jakarta dan sekitarnya, SPKLU PLN untuk mobil listrik sudah terpasang enam unit. Tiga unit terpasang di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya, satu unit terpasang di halaman kantor PLN UP3 Bulungan, satu unit terpasang di Senayan City Mall, dan satu unit terpasang di AEON Mall Bumi Serpong Damai. Menyusul akan terpasang di Pondok Indah Mall.

Sebelumnya, PLN telah menggandeng kerjasama dengan 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kerjasama ini untuk mengimplementasikan PERPRES Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

Dalam tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, jumlahnya akan terus bertambah guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

Selain memperkenalkan SPKLU PLN, PLN UID Jakarta Raya juga melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Senayan City Mall dalam hal penempatan charging station di pusat perbelanjaan tersebut. PLN memberikan apresiasi kepada kawasan yang sudah bersedia menggunakan listrik PLN untuk kebutuhan event, tidak lagi menggunakan genset. Kawasan tersebut yaitu Kota Tua, Gelora Bung Karno, dan Jakarta International Expo Kemayoran.

Dalam kesempatan itu, PLN UID Jakarta Raya juga meresmikan coffee shop PLN pertama, yaitu Stroom Coffee. Ini menjadi salah satu layanan one stop service yang dipadukan dengan charging Station kendaraan listrik. Di depan Stroom Coffee ini terdapat charging station, baik untuk mobil maupun untuk motor listrik, sehingga pemilik kendaraan listrik bisa menge-charge kendaraannya sembari menikmati waktu di Stroom Coffee.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, M Ikhsan Asaad (baju putih), memperkenalkan SPKLU PLN ultra-fast charging berkapasitas 150 kiloWatt. Fasilitas ini baru tersedia di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya, Gambir, Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here