Metso Vertimill stirred mill.

Jakarta, Petrominer – PT Agincourt Resources (PTAR), telah memilih teknologi penggilingan hemat energi milik Metso untuk digunakan di tambang emas Martabe, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Mesin pengaduk Metso Vertimill® VTM-4500 merupakan mesin terbesar dari jenisnya yang akan dipasang di Indonesia.

“Pesanan tersebut masuk dalam daftar pesanan Metso pada kuartal I 2020, dan diharapkan akan mulai operasi pada Juli 2021 mendatang,” ujar Direktur Operasi Agincourt Resources, Darryn McClelland, Senin (24/2).

Darryn menjelaskan, Agincourt Resouces bekerja dengan Orway Minerals dalam konsep sirkuit dan menggandeng Ausenco dalam mendesain alur proses. Sementara Metso memenangkan tender untuk menambah kapasitas penggilingan dalam modeling proses tersebut.

Sementara itu, Vice President Metso Asia Pasific, Ben Weetman, memaparkan bahwa Metso Vertimill® memberikan total biaya terendah dibandingkan mesin penggilingan lainnya. Ini berkat efisiensi energinya yang tinggi, pengurangan konsumsi media, biaya pemasangan yang rendah serta keausan liner dan perawatan yang minimal.

“Mesin ini mampu menangani ukuran umpan hingga 6 mm dan menggiling produk kurang dari 20 mikron. Mesin ini tersedia dalam ukuran pabrik standar mulai dari 15HP (11kW) hingga 4500HP (3352 kW),” jelas Ben.

Dia menyatakan bangga dengan Agincourt Resources sebagai pelanggannya. Tambang emas Martabe telah menggunakan alat penghancur Metso dan peralatan tambahan lainnya dalam proses produksinya.

Vertimill® adalah pilihan yang sangat baik untuk lebih meningkatkan output,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here