Copper ore processing. Pouring hot metal at the factory.

Jakarta, Petrominer – Ikatan Alumni Teknik Metalurgi ITB Bandung (IA-MET ITB) akan kembali menyelenggarakan Metconnex. Perhelatan metalurgi ini menjadi wadah strategis bertemunya para pemangku kepentingan dan tempat untuk membahas isu, mencari solusi dan langkah nyata untuk bersama mengembangkan industri pertambangan di Indonesia.

Ketua Umum IA-MET ITB, Bouman T. Situmorang, menjelaskan forum ini diharapkan bisa menjadi tempat berkumpulnya para pemain industri, asosiasi dan regulator untuk menumbuhkan inovasi, kerjasama serta solusi untuk masa depan pertambangan yang berkelanjutan serta industri hijau untuk industri pengolahan, peleburan dan pemurnian mineral dan logam. Penyelenggaraan kali ini mengusung tema “Sustainability in Mineral & Metal Processing.”

“Dengan tema ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran pihak terkait akan pentingnya mengedepankan aspek keberlanjutan dalam setiap tahapan mulai dari eksplorasi, pertambangan, pengolahan, peleburan, pelindian dan pemurnian mineral,” ujar Bouman dalam siaran pers yang diterima PETROMINER, Selasa (19/7).

Untuk mendukung Indonesia menjadi pemain penting dalam industri pertambangan dan ektraksi mineral, menurutnya, diperlukan pengelolaan mineral dan logam yang baik. Namun, penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan untuk industri tambang merupakan tanggung jawab semua, dan Metconnex 2022 akan menjadi tempat untuk meningkatkan kesadaraan pemangku kepentingan akan isu sustainability dan membahas langkah konkret untuk terus memajukan industri pertambangan di Indonesia selagi menciptakan industri yang berkelanjutan.

Perhelatan metalurgi yang terdiri dari International Conference dan Pameran ini akan diadakan di Jakarta Convention Centre pada 10-11 Agustus 2022. Ini merupakan penyelenggarakaan kedua setelah sukses digelar pertama kalinya pada tahun 2019.

Metconnex 2022 akan menghadirkan solusi, inovasi, teknologi seputar metalurgi pertambangan yang dikemas dalam konferensi dan pameran. Acara ini akan diisi oleh lebih dari 50 exhibitor yang terdiri dari perusahaan pertambangan mineral dan batubara, smelter, penyedia teknologi pengolahan mineral, perusahaan EPC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here