Pembangkit listrik PT Medco Power Indonesia.

Jakarta, Petrominer – PT Medco Power Indonesia membuka peluang untuk mendapatkan pembiayaan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk kegiatan eksplorasi panas bumi. Sebuah nota kesepahaman telah ditandatangani oleh kedua pihak pada 11 Desember 2018 lalu.

Menurut Presiden Direktur Medco Power, Eka Satria, ini merupakan suatu terobosan baru karena sampai saat ini masih belum ada pembiayaan untuk proyek panas bumi di perusahaan listrik swasta yang masih berada di tahap eksplorasi. Ke depannya, Medco Power dan SMI akan bekerja sama untuk mewujudkan pembiayaan proyek pengembangan eksplorasi panas bumi di Indonesia.

“Medco Power dan SMI telah menandatangi Nota Kesepahaman pada 11 Desember 2018 lalu,” ujar Eka Satria dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Selasa (18/12).

Dalam nota kesepahaman itu, jelasnya, Medco Power dan SMI sepakat untuk melakukan pertukaran informasi dalam bisnis dan program-program yang dapat mendukung pengembangan pembiayaan proyek panas bumi di Indonesia. Salah satunya adalah proyek eksplorasi panas bumi yang sedang digarap Medco Power melalui anak perusahaannya, Medco Cahaya Geothermal, di Blawan, Ijen, Jawa Timur.

Hal ini merupakan suatu terobosan baru karena sampai saat ini masih belum ada pembiayaan untuk proyek panas bumi di perusahaan listrik swasta yang masih berada di tahap eksplorasi. Ke depannya Medco Power dan SMI akan bekerja sama untuk mewujudkan pembiayaan proyek pengembangan eksplorasi panas bumi di perusahaan listrik swasta di Indonesia.

Didirikan tahun 2004, Medco Power adalah produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha MedcoEnergi. Saat ini, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas gross 645 MW (IPP) dan menjalankan jasa operasi dan pemeliharaan untuk pembangkit pihak ketiga (O&M) dengan total kapasitas 2,489 MW.

Dalam waktu dekat, Medco Power akan memulai pengembangan proyek PLTGU Riau (275 MW) , PLTP Ijen (110 MW) dan Tenaga Surya Sumbawa (2x20MW). Ke depannya, MPI akan tetap mengutamakan pengembangan bisnis pada sector energy bersih dan terbarukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here