Kegiatan tim Medco Peduli dalam memberikan dorongan moral dan semangat kepada anak-anak korban gempa di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Jakarta, Petrominer – Medco Peduli terus berupaya membantu para korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Sejak awal diterjunkan ke lokasi bencana, tim relawan Medco tidak hanya membantu kebutuhan sandang pangan, namun juga dukungan moral.

“Relawan Medco berusaha untuk membangun kembali semangat, keceriaan dan kepercayaan diri para korban,” ujar Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk., Hilmi Panigoro, dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Kamis (25/10).

Hilmi menjelaskan, sampai saat ini, tim Medco Peduli telah menangani pelayanan kesehatan bagi 5.000 korban dan membangun fasilitas pengungsi. Relawan Medco mulai dikirim ke lokasi bencana tanggal 2 Oktober 2018. Medco Peduli menerjunkan dokter, paramedis, spesialis rescue dan evakuasi serta tenaga pendamping terlatih, juga obat-obatan dan peralatan medis.

Tim Medco Peduli bergerak di bawah koordinasi Medco Foundation. Ini merupakan gabungan relawan dari beberapa anak perusahaan MedcoEnergi dan Medco Grup.

“Medco dan para Pekerja di Jakarta maupun daerah operasi telah mengumpulkan dana bantuan bagi korban bencana dan telah disalurkan kepada para korban di Palu, Sigi dan Donggala melalui Medco Peduli. Semoga para korban dapat segera pulih dari trauma ini,” tegasnya.

Koordinator Tim Medis Medco Peduli, dokter Andry Mulyana, menyebutkan bahwa tim Medco Peduli juga terlibat dalam menangani warga di wilayah terisolasi di Tamado, Sigi. Di desa tersebut, Medco menyediakan 10 tenda yang mampu menampung 10.000 jiwa. Empat tenda diantaranya berfungsi sebagai tempat ibadah dan balai pertemuan.

“Kegiatan tim Medco Peduli di lokasi bencana ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat,” jelas dokter Andry.

Menurutnya, tim Medco Peduli juga berusaha memberikan penguatan psikososial, terutama terhadap anak-anak. Kegiatan ini dilakukan setiap hari, di sela-sela layanan kesehatan.

“Setiap hari, ada dua tim dengan komposisi dokter, perawat, dan tenaga pendamping terlatih yang bergerak ke titik-titik pengungsian. Selain fokus pada mobile medical services, kami juga menghibur anak-anak dengan main bola, menggambar dan membaca buku,” kata Andry.

Selain memberikan pengobatan gratis, tim Medco Peduli juga memberikan dorongan moral dan semangat kepada anak-anak korban gempa di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here