Jakarta, Petrominer – PT Pertamina EP kembali dinobatkan sebagai peraih Best of The Best pada ajang Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2020. Gelar ini diberikan kepada Pertamina EP karena berhasil merebut empat dari 11 kategori penghargaan.

APQ Award 2020 berlangsung secara daring, Kamis (2/7). Kali ini, kegiatan tahunan dari PT Pertamina (Persero) ini mengusung tema “Levelling Up Competitiveness Through Synergy in Quality Improvement.”

Direktur Utama Pertamina EP, Eko Agus Sardjono, mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi atas prestasi yang telah diraih insan mutu Pertamina EP. Penghargaan yang kelima kalinya ini disebutnya sebagai kontribusi seluruh pekerja dan tim Quality Management Pertamina EP dalam penerapan empat Pilar Quality Management.

“Terima kasih kepada para insan mutu Pertamina EP atas dukungan dan implementasi terhadap empat Pilar Quality Management yang telah diterapkan Pertamina EP sehingga dapat membawa kembali penghargaan kategori The Best of The Best ini. Saya berharap agar piala ini dapat terus dipertahankan oleh Pertamina EP,” ujar Eko.

Pelaksanaan APQ Award dan forum Continues Improvement Program (CIP) merupakan wujud nyata dukungan dan appresiasi manajemen untuk membangun budaya inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan di level bisnis dan operasional. Hingga tahun 2020, Pertamina EP sudah lima kali meraih kategori Best of The Best. Tahun ini, merupakan gelar Best of The Best dalam dua tahun berturut–turut .

“Kategori best of the best dalam APQ Award 2020 diberikan kepada Pertamina EP karena meraih 4 dari 11 kategori, yakni The Best Quality Board, The Most Productive CIP-ER, The Best Quality Agent, dan The Best Replicated. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan kuat dari Manajemen & Dewan Mutu Pertamina EP selama ini,” jelas Eko.

Menurutnya, salah satu yang mendapatkan Platinum Award adalah PC Prove Sea Waroc. Ini merupakan inovasi Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field yang menemukan inovasi alat baru untuk menggantikan kerja manual dalam mengatasi marine growth.

Marine growth adalah sekumpulan hewan/tumbuhan laut yang tumbuh dan berkoloni di permukaan bangunan/struktur di lepas pantai (offshore), di mana kondisi bahan makanan/nutrisi, cahaya matahari, faktor pH (derajat keasaman) dan kondisi lingkungan cocok bagi pertumbuhan mereka. Tumbuhnya marine growth pada permukaan bangunan/struktur ini dapat menimbulkan berbagai masalah.

Sea Waroc (Sea Wave Ring Automatic) merupakan alat yang didesain untuk menghilangkan salah satu unsur penyebab pertumbuhan marine growth tersebut, yaitu bahan makanan/nutrisi. Sea Waroc membersihkan tiang struktur platform dari bahan-bahan makanan marine growth, sehingga pertumbuhan marine growth di tiang struktur platform dapat dicegah.

Alat ini didesain dalam bentuk ring menggunakan prinsip mekanis dan Buoyancy untuk menghilangkan bahan makanan/nutrisi yang menempel di tiang struktur platform. Dengan alat ini, Pertamina EP berharap dapat membantu operator lapangan migas lain yang memiliki platform offshore dalam menyelesaikan permasalahan marine growth.

Selain PC Prove Sea Waroc, tim lain yang mendapatkan Platinum Award adalah PC Prove Ultraman dengan judul inovasi Meningkatkan Reserves To Production (R to P) melalui Penerapan Konsep Gelinciran Batuan Ultrabasa pada Area Tangkasi, Offshore Sulawesi, serta PC Prove Cobek dengan judul inovasi Optimalisasi Kualitas Gas Sales dengan inovasi Multiports Bubble Gas Spreading System dan Pembuatan Burket sebagai H2s Removal di Pertamina EP Asset 3 Tambun Field.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here