Schlumberger dan AVEVA sepakat mengintegrasikan solusi digital komputasi lokal (edge), artificial intelligence (AI), dan sistem cloud untuk membantu operator mengoptimalkan produksi migas.

Jakarta, Petrominer – Schlumberger dan AVEVA sepakat mengintegrasikan solusi digital komputasi lokal (edge), artificial intelligence (AI), dan sistem cloud untuk membantu operator mengoptimalkan produksi minyak dan gas bumi (migas). Kedua perusahaan ini akan berkolaborasi untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja di lokasi pemboran, dengan merampingkan cara kerja operator dalam memperoleh dan memproses data lapangan.

Presiden Digital & Integrasi Schlumberger, Rajeev Sonthalia, menjelaskan bahwa fokus awal dari kolaborasi ini termasuk menghubungkan sistem edge ke aplikasi di lingkungan DELFI Cognitive E&P untuk mengelola kesehatan peralatan dan mengoptimalkan kinerja dengan lebih baik.

“Kemitraan ini menyatukan solusi edge dan cloud kami dengan AVEVA PI System™ untuk memberikan akses tanpa hambatan ke data sehingga mempercepat wawasan dan tindakan. Dengan mengintegrasikan keahlian kami, teknologi tepi yang aman dan aplikasi digital di lingkungan DELFI dengan AVEVA akan memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan efisiensi dan mengubah operasi produksi mereka,” ungkap Rajeev, Selasa (19/10).

Sementara Chief Technology Officer AVEVA, Andrew McCloskey, menyebutkan bahwa transformasi digital pada infrastruktur vital memerlukan visi strategis yang melampaui teknologi. Tentunya, hal ini bertujuan untuk mendorong efisiensi, mencapai hasil bisnis yang menguntungkan, dan menjamin keberlanjutan.

“Kondisi ekonomi makro baru-baru ini telah menyoroti perlunya kelincahan di semua industri. Kolaborasi kami dengan Schlumberger akan mendorong operasional yang lebih gesit dan proses perekayasaan yang lebih efisien, sekaligus memungkinkan pengiriman produk dan layanan baru yang lebih cepat untuk membuat aset dan operasi berjalan lebih lancer,” kata Andrew.

Kolaborasi ini membawa kapabilitas kedua perusahaan di bidang IoT dan cloud ke pasar industri. Ini termasuk kemampuan platform manajemen data AVEVA PI System dan keahlian domain Schlumberger serta kemampuan analitik yang disediakan oleh solusi Agora edge AI and IoT solutions dan lingkungan DELFI. Kedua perusahaan ini juga merencanakan integrasi teknologi bersama, dukungan penjualan dan layanan, dan aktivitas go-to-market.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here