Kapal seismik milik Elnusa, Elsa Regent, telah mengawali kegiatan seismik perdana di laut Indonesia, akhir tahun 2016 lalu.

Jakarta, Petrominer — Kapal seismik milik anak perusahaan PT Elnusa Tbk (ELNUSA) telah mengawali kegiatan seismik perdana di laut Indonesia. Sejak, Sabtu (17/12) lalu, kapal bernama Elsa Regent ini telah memulai kegiatannya di lepas pantai Karawang-Indramayu, Jawa Barat.

Kapal yang dibeli pada pertengahan 2016 lalu itu akan melaksanakan survei seismik 2D pada Blok Abar – Anggursi yang terletak 12 mil dari pesisir Kabupaten Karawang, Subang dan Indramayu. Kegiatan survei itu akan mencapai panjang lintasan 2.990 km.

“Survei seismik laut ini merupakan salah satu upaya dan bukti nyata komitmen ELNUSA dalam mendukung ketahanan energi nasional dengan penemuan cadangan migas baru di laut Indonesia. Investasi kami di Elsa Regent ini dapat memberdayakan sekaligus meningkatkan kompetensi nasional dalam hal survei seismik laut, karena hanya sedikit kapal seismik berbendera Indonesia yang berkarya di laut Indonesia,” ujar Direktur Operasi ELNUSA, Bambang H. Kardono, Senin (19/12).

Elsa Regent merupakan kapal seismik tercanggih di Indonesia saat ini yang dinakhodai serta diawaki 100% oleh anak-anak bangsa.

Keunggulan Elsa Regent ini dibandingkan dengan kapal seismik berbendera Indonesia lain adalah telah dilengkapi 12 streamer dengan panjang setiap streamer mencapai 10 km. Kapal ini sangat ideal untuk melakukan pekerjaan survei seismik di area lautan luas dan dalam, mampu menghasilkan gambar 3D seismik bawah permukaan dengan kualitas dan keakuratan yang sangat tinggi, mampu melakukan perekaman data saat berbelok sehingga efisien waktu dan biaya, perekaman data dapat dilakukan terus-menerus dan dapat menghasilkan data baku yang langsung dapat diproses lebih lanjut.

“Suatu kebanggaan bagi kami untuk mendukung kapasitas nasional eksplorasi migas dengan memanfaatkan Elsa Regent yang dikerjakan seluruhnya oleh anak bangsa dan tanpa bergantung tenaga ahli asing. Kepercayaan klien di proyek survei seismik 2D Abar-Anggursi ini merupakan pembuktian atas kompetensi dan pengalaman ELNUSA dalam survei seismik di lautan,” ujar Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here