PLTMG Jayapura Peaker 40 MW di Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami.

Jakarta, Petrominer – Sebagai bagian dari komitmen mendukung kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, PT PLN (Persero) mulai mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) Jayapura Peaker. Pembangkit listrik ini mulai memasok kebutuhan listrik kota Jayapura usai sukses lakukan serangkaian tahap pengetesan mesin dan perangkat penunjangnya.

Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah, mengatakan bahwa PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Papua berhasil melakukan sinkronisasi PLTMG terhadap sistem transmisi 150 kilo Volt (kV) yang membentang dari Holtekamp ke Skyline. Sejauh ini, tiga dari lima mesin PLTMG Jayapura Peaker telah beroperasi penuh.

“Seiring dengan beroperasinya PLTMG Jayapura Peaker, PLN berharap dapat menopang kebutuhan listrik yang meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujar Suryo, Jum’at (13/12).

Peningkatan keandalan kelistrikan di kota Jayapura menjadi salah satu fokus PLN guna mendukung pelaksanaan PON XX 2020 yang untuk pertama kalinya diadakan di tanah Papua.

Pembangkit listrik ini, yang terletak di Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, berkapasitas 40 Mega Watt (MW). Ini menjadi PLTMG kedua di Kota Jayapura setelah PLTMG Mobile Power Plant (MPP) 50 MW yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 lalu.

PLTMG Jayapura Peaker merupakan bagian dari Program 35.000 MW yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun lalu dan sampai saat ini telah berjalan sesuai dengan rencana. Sementara itu rasio elektrifikasi PLN secara nasional juga semakin meningkat bahkan jauh melampaui target. Dari target nasional sebesar 97,5 persen PLN telah berhasil mencapai kenaikan rasio sebesar 98,83 persen hingga bulan Juni 2019 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here