Siantan, Petrominer – PT PLN (Persero) menyatakan kesiapannya untuk segera mengoperasikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Siantan-Tayan. Beroperasinya SUTT ini membuat pasokan listrik di Kalimantan Barat kian handal dan optimal.

Hari ini, Jum’at (11/5), PLN mulai mengalirkan tegangan listrik atau energize untuk sirkit kedua SUTT 150 kV Siantan-Tayan. Sebelumnya, Rabu lalu (9/5), pemberian tegangan listrik ke sirkit pertama telah berhasil.

“Dengan beroperasinya transmisi jalur Siantan-Tayan akan memperkuat kelistrikan di Kalimantan Barat khususnya menjelang bulan Ramadan 1439 H,” ujar Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon Masri, saat melakukan pengecekan langsung persiapan energize sirkit kedua SUTT Siantan-Tayan, Kamis (11/5).

Machnizon menjelaskan, tahapan energize ini merupakan tahapan akhir sebelum jaringan transmisi dapat beroperasi menyalurkan listrik dari GI Siantan ke GI Tayan maupun sebaliknya. Beroperasinya jalur transmisi sepanjang 103 kilometer sirkit ini menandakan masuknya SUTT 150 kV Siantan-Tayan dalam Sistem Kelistrikan Khatulistiwa.

“Dengan beroperasinya SUTT Siantan-Tayan ini, suplai energi listrik di Kalimantan Barat akan lebih andal dan optimal, sehingga gangguan penyaluran dapat berkurang,” paparnya.

Menurut Machnizon, pasokan listrik yang andal dan percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan diharapkan dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan iklim investasi yang lebih baik di Kalimantan Barat. Pasalnya, jaringan transmisi Siantan-Tayan memiliki total 302 tapak tower dan 2 sirkit, yang mampu menyalurkan daya listrik hingga mencapai 2×120 MW atau total 240 MW.

Meski melalui proses yang cukup panjang dan sempat mengalami beberapa kendala di lapangan, namun semua proses mulai dari perizinan, pembebasan lahan, tahapan pra konstruksi, pelaksanaan konstruksi hingga tahapan akhir berupa pengujian dapat terlaksana dengan baik. Keberhasilan pembangunan jaringan transmisi ini tidak terlepas dari dukungan Kejaksaan Tinggi Kalbar, Binda Kalbar, Pemda setempat, tokoh adat, dan juga masyarakat di sekitar proyek.

Sebelumnya pada bulan Januari 2018 lalu, trafo GI 150 kV Tayan dengan kapasitas 30 MVA berhasil energize dan dapat menyalurkan listrik sebesar 3 MW ke daerah Tayan dan sekitarnya. Kemudian pada bulan April 2018, 2 Line Bay GI 150 kV Siantan arah Tayan telah selesai konstruksi dan pengujian akhir sehingga siap dioperasikan bersamaan dengan SUTT 150 kV Siantan-Tayan.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon Masri (paling tengah), usai melakukan pengecekan langsung persiapan energize sirkit kedua SUTT Siantan-Tayan, Kamis (11/5).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here