Ekskavator Cat 323 GC akan membantu sektor industri menggenjot produktivitas dan menjaga efisiensi produksi di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi..

Jakarta, Petrominer – Berbagai rencana pemulihan ekonomi kembali menjadi agenda penting seiring membaiknya situasi pandemi di Indonesia. Sektor industri pun langsung menggenjot produktivitas sambil menjaga efisiensi produksinya.

Bagi industri pengguna alat berat, mereka kian terbantu dengan hadirnya beberapa produk terbaru dari PT Trakindo Utama (Trakindo), mulai dari excavator, dozer hingga truck. Apalagi, kehadiran peralatan baru tersebut diyakni bisa membantu sektor industri untuk menggenjot produktivitas dan menjaga efisiensi produksi di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia ini ingin berkontribusi agar momentum meningkatnya harga, terutama komoditas pertambangan, dapat dimanfaatkan. Pasalnya, peralatan baru tersebut memiliki peningkatan performa dibandingkan versi sebelumnya. Mulai dari mesin, efisiensi bahan bakar, hingga keamanan dan kenyamanan bagi operator.

April 2021 lalu, perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia ini merilis dozer kecil D1, D2, dan D3. Ketiganya merupakan penerus model sebelumnya yang lebih dulu telah meraup sukses di pasar Indonesia. Hadir dengan sejumlah keunggulan baru

Sebagai rangkaian produk pertama yang diluncurkan di tahun 2021, Cat D1, D2, dan D3 mengusung inovasi teknologi yang terus dilakukan untuk mendorong produktivitas para pelanggan setia Trakindo. Trio Next Generation Small Dozers ini sengaja dirancang untuk mengoptimalkan kecepatan, kemudahan pengangkutan, kemampuan bermanuver, dan akurasi perataan akhir.

Malahan, operator dozer bisa bekerja lebih nyaman karena ruang kabin luas dengan kursi dan sandaran lengan yang bisa diatur posisinya. Tidak hanya itu, Next Gen Display monitor yang dilengkapi layar sentuh dengan tombol navigasi kian mempermudah operator dalam mengakses beragam fitur yang tersedia.

Selanjutnya, Trakindo merilis versi terbaru dari truk Cat 777E. Truk tambang versi tahun 2021 ini hadir dengan berbagai pembaruan yang mendefinisikan kembali performa dan akan meningkatkan kinerja dengan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Product Manager Trakindo, Haris Dini Muharyanto, menyatakan bahwa Trakindo berkomitmen untuk memajukan pelanggannya, termasuk di industri pertambangan, dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan keuntungan. Kendaraan terbaru ini diharapkan bisa membantu para pelaku bisnis memanfaatkan tren positif harga komoditas pertambangan dengan meningkatkan produktivitas.

Truk Cat 777E ini memiliki peningkatan performa dibandingkan versi sebelumnya, mulai dari mesin, efisiensi bahan bakar, hingga keamanan dan kenyamanan bagi operator. Cat 777E merupakan off-highway truck yang biasa digunakan dalam pertambangan, dengan muatan tertinggi di kelasnya yakni 98,2 ton. Versi terbaru truk ini menghadirkan peningkatan kinerja dan efisiensi bahan bakar untuk biaya angkut per ton yang lebih rendah.

Truk ini juga terintegrasi dengan sejumlah teknologi baru Cat yang membantu meningkatkan efisiensi pengangkutan dan umur truk, seperti Advanced Productivity Electronic Control Strategy (APECS) untuk meningkatkan koordinasi transmisi dan mesin sehingga dapat memanfaatkan tenaga mesin dengan lebih baik.

Tidak hanya peningkatan performa dan efisiensi bahan bakar, produk ini juga mengedepankan kenyamanan dan keselamatan operator, dengan kursi baru Cat Comfort Seat. Untuk mempermudah pekerjaan operator, truk ini dilengkapi dengan operator interface yang dilengkapi touchscreen, dengan user interface yang lebih baik dan berukuran lebih besar sehingga lebih mudah dibaca.

“Kami percaya bahwa fitur terbaru dalam Cat 777E akan menjawab kebutuhan pelanggan dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja, dan kami yakin dengan terus menghadirkan teknologi terdepan, kami akan memenuhi keperluan dan kepuasan pelanggan,” ujar Haris.

Cat 323 GC

Terbaru, perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia ini merilis hydraulic excavator terbaru di kelas 23 ton, yaitu Cat 323 GC. Keunggulan solusi alat berat terbaru ini di antaranya adalah mampu meningkatkan produktivitas dengan control yang mudah digunakan dan hemat bahan bakar.

Peluncuran produk ini dilaksanakan secara virtual, Rabu (15/9) lalu. Dihadiri para pelanggan Trakindo di seluruh Indonesia, khususnya di sektor pertanian, perkebunan dan agribisnis, sektor konstruksi dan infrastruktur, serta sektor pertambangan dan energi.

Saat memperkenal produk tersebut, Product Manager Trakindo, Desman Tambunan, menegaskan bahwa sektor industri membutuhkan dukungan dan strategi yang tepat untuk mampu menjadi ujung tombak pemulihan ekonomi yang kini dibutuhkan Indonesia.

“Tantangannya adalah bagaimana memastikan bahwa sektor industri dapat melakukan efisiensi pada kinerjanya untuk mendapatkan hasil maksimal di tengah berbagai pembatasan yang terjadi, karena pandemi belum sepenuhnya usai,” ujar Desman.

Dia menjelaskan bahwa Cat 323 GC adalah solusi alat berat untuk meningkatkan produktivitas dengan kontrol yang mudah digunakan, kabin yang nyaman, mampu mendorong penghematan bahan bakar hingga 25 persen, serta interval servis yang mengurangi biaya perawatan hingga 20 persen. Semuanya itu dihadirkan untuk memberi hasil akhir biaya produksi yang lebih rendah.

“Intinya Cat 323 GC menawarkan performa andal dengan biaya kepemilikan dan biaya operasional yang lebih rendah,” tegas Desman.

Lebih jauh, Cat 323 GC juga dilengkapi teknologi dual product link (satellite dan cellular) yang mengkoneksikan dan memudahkan manajemen alat-alat berat pelanggan. Teknologi ini dapat memonitor berbagai informasi terkait alat berat secara jarak jauh. Mulai dari lokasi alat, kondisi operasional alat, durasi pemakaian (hour meter), konsumsi bahan bakar rata-rata, hingga memberikan alert fault code ke nomor ponsel pelanggan, serta informasi kondisi lainnya melalui my.cat.com.

Dalam kesempatan terpisah sebelumnya, Chief Marketing Officer Trakindo, David Freddynanto, menyatakan yakin peluang bisnis masih terbuka dan akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan penjualan, seiring dengan program percepatan pemulihan dampak pandemi.

Di tengah tekanan pandemi Covid-19, sejak setahun lalu, Trakindo telah menjalankan sejumlah strategi bisnis. Salah satunya dengan menghadirkan ajang promosi Trakindo Care eVENT, program yang dikemas secara virtual dengan memberi kemudahan penawaran bagi pelanggan dalam memperoleh layanan dan solusi terbaik Caterpillar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Trakindo juga telah meluncurkan aplikasi khusus untuk pelanggan, yaitu Trakindo Customer Apps yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Playstore. Dengan begitu, para pelanggan bisa merasakan secara langsung beragam kemudahan untuk mengakses status transaksi dan pemberian informasi yang cepat dan tepat secara realtime.

Pada tahun ini, menurut Davud, Trakindo pun masih menjalankan strategi untuk mendekatkan diri kepada pelanggan serta membangun kepuasan melalui berbagai program inovasi, layanan profesional dan solusi terbaik.

“Target penjualan tentu ada, namun yang lebih utama bagi kami adalah kepuasan pelanggan kami,” tegasnya.

Ekskavator Cat 323 GC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here