Jakarta, Petrominer – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, melantik Ketua dan Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) masa jabatan 2021-2025. Acara berlangsung secara hybrid dan menerapkan protokol kesehatan ketat, Senin pagi (9/8).

Dalam acara tersebut, Menteri juga melantik seorang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ESDM, yakni Mirza Mahendra, Inspektur IV di Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM.

Kepada jajaran pimpinan dan komite BPH Migas, Arifin berpesan agar terus melakukan inovasi dan terobosan kebijakan. Pasalnya, tantangan yang akan dihadapi semakin besar.

“Saya berharap tugas, fungsi dan tanggung jawab BPH Migas dapat dijalankan dengan baik, mulai dengan menyelesaikan isu-isu yang berkembang dengan program strategis yang tepat dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujarnya.

Menurut Arifin, program Pendistribusian BBM ke seluruh wilayah NKRI merupakan hal yang mutlak dilakukan. Saat ini, baru sekitar 42,7 persen kecamatan yang memiliki penyalur BBM. Selain dengan melakukan akselerasi program BBM Satu Harga, juga diperlukan terobosan untuk mempercepat ketersediaan penyalur BBM.

“Salah satunya dengan memberikan ruang bagi keterlibatan BUMD, UMKM maupun kelompok masyarakat setempat, melalui pengaturan dan fasilitasi yang tepat,” tegasnya.

Sementara di bidang gas bumi, Arifin menegaskan perlu segera menyelesaikan Proyek Strategis Nasional khususnya terkait dengan transmisi gas bumi untuk mengintegrasikan infrastruktur gas bumi nasional, sehingga gas bumi dapat dimanfaatkan secara optimal di dalam negeri.

“Dalam rangka mewujudkan harga gas bumi yang lebih affordable bagi konsumen terutama industri tertentu, kami harapkan BPH Migas dapat segera menetapkan tarif pengangkutan (toll fee) di beberapa ruas yang masih belum diselesaikan. Perlu dilakukan evaluasi tarif toll fee pada seluruh ruas pipa untuk meningkatkan efisiensi biaya pengangkutan agar harga gas di plant gate dapat lebih ekonomis sesuai arahan Presiden,” ungkapnya.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik:

NO NAMA JABATAN LAMA JABATAN BARU
JABATAN UNIT JABATAN UNIT
1 Erika Retnowati, Ak., M.Si. Kepala Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Ketua Komite BPH Migas
2 Abdul Halim, S.Si. —— —— Anggota Komite BPH Migas
3 Ir. Basuki Trikora Putra —— —— Anggota Komite BPH Migas
4 Ir. Eman Salman Arief, M.B.A. —— —— Anggota Komite BPH Migas
5 Ir. Harya Adityawarman Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Anggota Komite BPH Migas
6 Iwan Prasetya Adhi, S.E. Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Anggota Komite BPH Migas
7 Dr. Ir. Saleh Abdurrahman, M.Sc. Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Anggota Komite BPH Migas
8 Wahyudi Anas, S.T. —— —— Anggota Komite BPH Migas
9 Yapit Sapta Putra, S.E., M.M. —— —— Anggota Komite BPH Migas
10 Dr. Mirza Mahendra, S.T., M.T. Inspektur Minyak dan Gas Bumi Ahli Madya Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here