Keberhasilan PHI melalui PEP Tarakan Field dalam melaksanakan program Kubedistik (Kelompok Usaha Bersama Disabilitas Batik) berbuah PROPER Emas tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatanan.

Jakarta, Petrominer – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) tergolong sukses dalam menjalankan operasi migas yang selamat dan berwawasan lingkungan. Buktinya, Subholding Upstream Pertamina di Regional 3 Kalimantan ini berhasil meraih penghargaan PROPER Emas dan Hijau pada tahun 2022 untuk beberapa lapangan migas yang dikelolanya.

Manager Communication Relations & CID Regional Kalimantan, Dony Indrawan, menyatakan penerimaan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tersebut merupakan bentuk pengakuan atas kinerja lindung lingkungan dan inovasi pengembangan masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dijalankan PHI. Empat lapangan migas PHI mendapat PROPER rating tertinggi, yakni Emas, dan lima lapangan lainnya mendapat predikat Hijau.

“Pengakuan Kementerian LHK kepada kinerja lindung lingkungan PHI mendorong kami untuk terus menjalankan operasi migas berwawasan lingkungan melebihi kepatuhan. Alhamdulillah kami dapat mewujudkan komitmen kami untuk menjalankan operasi migas yang selamat, handal, patuh dan ramah lingkungan sejalan dengan strategi Pertamina untuk transisi energi dan zero emission,” ujar Dony dalam kegiatan silaturahim dan diskusi bersama para editor media nasional, Selasa (17/1).

Dia menjelaskan, PROPER merupakan Public Disclosure Program for Environmental Compliance yang digelar oleh Kementerian LHK. Penghargaan ini menjadi komplemen yang bersinergi dengan berbagai instrumen penataan lingkungan konvensional yang ada. PROPER Emas merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian dengan penekanan kepada penilaian program CSR Perusahaan.

Keempat rating PROPER emas PHI diperoleh melalui PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dengan program Water Supply Sistem (WSS) Saliki, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) melalui program Gerbang Insan Mapan (Gerakan Pembangunan Integrasi Perikanan dan Pertanian Menuju Kemandirian Pangan).

Kemudian, PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field dengan program Kubedistik (Kelompok Usaha Bersama Disabilitas Batik), dan PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field melalui program Kantong Kentungan Peternakan Ayam Broiler yang dikenal sebagai Program Kentungan Pak Abo.

Sementara, lima predikat PROPER Hijau diterima oleh PHKT Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU), PEP Sangasanga, PEP Sangatta, PEP Sangatta Semberah, dan PEP Tanjung.

Keberhasilan ini, menurut Dony, tidak lepas dari peran media dalam menyampaikan informasi mengenai program lindung lingkungan dan CSR Perusahaan kepadsa para pemangku kepentingan.

“Terima kasih banyak atas dukungan media selama ini sehingga informasi Perusahaah dapat diamplifikasi kepada khalayak yang lebih luas,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here