Redmi 10A. HP Xiaomi terbaru yang dibandrol cuma sejutaan (gsmarena.com)

Jakarta, Petrominer – Xiaomi di tahun 2022 ini turut meluncurkan sebuah ponsel dengan harga yang murah dengan spek yang tidak kalah menarik, yaitu Redmi 10A. Ponsel ini melengkapi varian Redmi 10 lainnya yang terlebih dahulu sudah diperkenalkan ke pasar Indonesia, sebut saja Redmi 10 reguler dan Redmi 10C.

Ponsel pintar ini berada pada posisi entry level atau ponsel yang cocok bagi pemula. Dari segi harganya pun sangat terjangkau dibandingkan ponsel sekelasnya. Lebih lengkapnya lagi, harga ponsel ini dibanderol mulai dari Rp 1,5 juta untuk varian dengan kapasitas penyimpanan 3/32GB. Dengan harga tersebut, tentu ponsel ini dirasa sesuai untuk kebutuhan berbagai usia, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga ojek online.

Layar Lega Desain Inovatif

Layar ponsel Redmi 10A ini berjenis IPS LCD, dengan ukuran 6,53 inci. Resolusi yang ditampilkan cukup mumpuni untuk ponsel dengan harga satu jutaan, yaitu HD+ atau 1600×720 piksel. Mata Anda masih akan merasa nyaman jika ponsel ini digunakan untuk menonton film atau video di Youtube. Selain itu, rasio aspek yang digunakan adalah 20:9 dan layarnya juga mendukung Sunlight display serta penyesuaian suhu warna.

Selain itu, HP Xiaomi ini mempunyai dimensi 164.9 x 77 x 9 mm dan bobot 194 gram. Ada desain unik jika kita melihat bagian belakang ponsel, di mana Redmi 10A ini meletakkan kamera, lampu LED, logo Redmi dan pemindai sidik jari pada satu kotak yang sama. Ini merupakan sebuah terobosan baru yang tidak dimiliki oleh ponsel lainnya.

Pemindai sidik jarinya pun sebenarnya merupakan hal yang telah ditingkatkan dari seri sebelumnya, yaitu Redmi 9A yang hanya mengandalkan pengenal wajah. Hal ini dirasa wajar karena harganya yang juga lebih murah dibandingkan Redmi 10A.

Kamera Mode Portrait

Lalu, bagaimana dengan kemampuan kameranya? Redmi 10A dibekali dengan dua kamera belakang. kamera utamanya beresolusi 13 MP dan lensa kedua 2 MP untuk kedalaman sensor.  Ponsel ini dapat menghasilkan kualitas foto yang cukup bagus di kalangan ponsel entry level. Tidak hanya itu, kameranya juga dibekali mode portrait yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan latar belakang yang blur dan lebih fokus pada objek bidikan.

Kamera depan Redmi 10A berukuran 5MP memang terdengar kecil. Apalagi dengan kompetisi ponsel pintar sekarang yang berlomba untuk menawarkan kamera depan terbaik. Namun, dengan ponsel ini, Anda tetap bisa selfie dan melakukan panggilan video dengan mulus tanpa khawatir akan kualitas gambarnya. Perlu diketahui bahwa besarnya mega piksel tidak selalu menentukan hasil gambar yang bagus.

Selain hasil tangkapan gambar, hasil rekaman video tentu juga menjadi tolak ukur performa kamera. Kamera depan dan belakang ponsel ini sama-sama dapat merekam sebuah video dengan kualitas 1080p dan 720p pada kecepatan 30 fps. Hasil yang sudah tergolong baik untuk Anda merekam momen berharga.

Chipset Helio G25

Sebagai ponsel entry level, Redmi 10A sudah dipersenjatai chipset MediaTek Helio G25 dan sistem operasi MIUI 12.5 yang menggunakan Android 11 sebagai basisnya. Chipset ini sebenarnya terbilang kurang memuaskan dalam segi kinerjanya untuk multitasking atau membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan di mana masih bisa ditemukan laggy.

Saat digunakan akan terasa pergerakan patah-patah yang mungkin dapat membuat Anda kurang nyaman. Oleh karena itu, disarankan untuk rajin membersihkan aplikasi yang sebelumnya dibuka untuk menghindari lag.

Dua Kapasitas Penyimpanan

Redmi 10A memiliki 2 pilihan penyimpanan untuk penggunanya, mulai dari 3GB/32GB dan 3GB/64GB.

Jika memori internal dirasa kurang, Anda bisa menambahkan mikro SD hingga 1TB untuk penyimpanan eksternal. Tentunya besaran kapasitas penyimpanan ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baterai Tahan Lama

Selanjutnya, ponsel ini dibekali dengan baterai 5.000 mAh. Kapasitas baterai kini menjadi salah satu bahan pertimbangan seseorang sebelum membeli ponsel. Hal ini dikarenakan pembeli tidak ingin desain ponsel yang terlalu tebal karena ukuran baterai, tetapi tetap memiliki kapasitas yang besar sehingga tahan lama saat digunakan.

Berkat kapasitas baterainya yang ekstra lega, Redmi 10A diklaim mampu bertahan hingga dua hari. Selain itu, hasil uji coba internal Xiaomi juga menunjukkan baterainya bisa digunakan untuk 148 jam mendengarkan musik, 20 jam pemutaran video, serta 30 jam waktu membaca konten.

Jack 3,5 mm

Andalan ponsel ini juga terletak pada sistem pengeras suaranya yang bertenaga sehingga para pengguna dapat menikmati audio yang dinamis dan menghanyutkan. Anda pun bisa menggunakan headphone eksternal karena ponsel keluaran Xiaomi ini masih didukung oleh jack headphone 3,5 mm yang umum digunakan ponsel pemula lainnya.

Secara keseluruhan, fitur yang terdapat pada Redmi 10A ini terbilang cukup bagus untuk ponsel kelas entry level. Ukurannya nyaman saat digenggam, layar besar yang cukup untuk menonton, baterai awet, dan pastinya harga yang sangat terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here