Usai mengajar, GM PLN Disjaya Syamsul Huda menyerahkan bantuan pendidikan untuk SMKN 61 Jakarta, berupa seperangkat sound system untuk mendukung operasional serta meningkatkan kualitas sekolah. (Petrominer/Sony)

Jakarta, Petrominer — BUMN Hadir untuk Negeri masih menggema di bumi Nusantara. Rangkaian kegiatannya tidak berhenti sampai peringatan kemerdekaan Indonesia saja. Satu lagi program yang juga dinanti oleh masyarakat, khususnya para siswa dan guru, adalah BUMN Mengajar.

PT PLN (Persero) memberi warna tersendiri pada program BUMN Mengajar ini. Di mana, para Direksi PLN dan General Manager unit-unit PLN ditugasi untuk mengabdi seharian pada kegiatan yang bertajuk PLN Mengajar di sekolah-sekolah untuk menyemai inspirasi dan membangun karakter pemuda-pemudi negeri.

Kegiatan PLN Mengajar serentak dilaksanakan di 66 sekolah se-Nusantara pada minggu ke-3 Agustus 2016. Dalam kegiatan ini, para pejabat PLN dapat berbagi motivasi dan bercerita mengenai pengalaman mereka di bidang profesional, khususnya saat menjabat menjadi orang-orang terpenting di BUMN besar ini.

Program ini juga mengajak para Direksi PLN mengunjungi sekolah almamaternya, seperti di SMAN 1 Bogor, SMA Methodist 1 Medan, SMPN dan SMAN 2 Tasikmalaya, SMA I BOPKRI Yogyakarta, SMAN 1 Purworejo, SMAN 1 Sragen, SMAN 1 Purwokerto, SMAN 1 Bandung, SMAN 1 Padang, SMPN 1 Simo Boyolali, dan SMAN 3 Malang. Selain itu, General Manager di seluruh unit PLN juga berkesempatan mengajar di sekolah-sekolah ungulan dan sekolah yang terletak di perbatasan serta pulau terluar di Indonesia.

Seperti yang dilakukan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya), Syamsul Huda. Dia mengajar di SMKN 61 Jakarta, yang berlokasi di Pulau Tidung, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Di tengah kesibukannya, Syamsul Huda menyempatkan diri berbagi pengalaman dan motivasinya kepada para siswa SMK itu. Dalam pertemuan yang singkat namun penuh arti tersebut, seluruh siswa bahkan guru antusias mendengarkan cerita dari GM PLN Disjaya ini.

Para siswa juga diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan Huda, sapaan akrab GM PLN Disjaya, lewat tanya jawab setelah selama satu jam siswa diberi materi mengenai proses bisnis PLN. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat siswa memahami tentang sistem ketenagalistrikan serta siswa memperoleh inspirasi untuk dapat menggapai cita-cita mereka.

Pada kesempatan tersebut, diberikan pula bantuan pendidikan untuk SMKN 61 Jakarta, berupa seperangkat sound system untuk mendukung operasional serta meningkatkan kualitas sekolah.

Berkat adanya Program BUMN Mengajar atas inisiasi Kementerian BUMN, ini membuktikan bahwa PLN dapat hadir untuk masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik dan pengabdian tertinggi yang salah satunya adalah kontribusi dalam bidang pendidikan.

Selain memberikan pengajaran kepada para siswa, PLN juga memberikan total bantuan pendidikan sebesar Rp 3,6 Milyar untuk 66 sekolah tersebut demi meningkatkan motivasi siswa dalam belajar untuk mencapai cita-citanya di dunia kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here