Florence, Petrominer — GE Oil & Gas mengklaim telah memenangkan kontrak untuk memasok gas turbin yang digerakan kompresor untuk fasilitas pencairan gas alam (train) 3 Kilang LNG Tangguh di Papua.

Kontrak itu didapatkan GE setelah berhasil menyediakan peralatan asli untuk train 1 dan 2 Kilang Tangguh. Pemesanan peralatan fasilitas ketiga ini dilakukan oleh rekanan bisnis lokal GE di Indonesia, yakni PT Imeco Inter Sarana.

“Kemiripan peralatan yang digunakan kedua fasilitas LNG lainnya dan satu sumber lain dari poros adalah faktor kunci yang akan memungkinkan terlaksananya operasi dan pemeliharaan fasilitas dengan lancar dan optimal,” kata Presiden & CEO Turbo machinery Solusi, GE Oil & Gas, Rod Christie, dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Selasa (13/9).

Rod Christie menegaskan GE berkomitmen untuk memperkuat kemitraannya di Kilang Tangguh dengan meningkatkan teknologi dan mempertahankan tingkat kinerja tertinggi peralatan.

Komponen dari kompresor turbo yang disediakan oleh GE Oil & Gas akan diproduksi di fasilitas GE di Greenville, Carolina Selatan, Amerika Serikat dan Florence, Italia, tempat di mana fasilitas ini akan dibangun dan diuji coba. Fasilitas ini sepenuhnya akan digital-enabled, termasuk tersedianya sensor canggih dan kemampuan pemantauan yang memungkinkan perawatan peralatan secara terus menerus agar peralatan tersebut dapat selalu beroperasi secara maksimal.

“Peralatan akan siap untuk dikirim ke Indonesia pada pertengahan tahun 2018,” jelas Rod Christie.

Untuk instalasi fasilitas LNG baru ini, GE Oil & Gas akan memanfaatkan kemampuan lokal dan kemampuan teknik globalnya untuk menyediakan bantuan di tempat dan mengembangkan bakat local melalui program pelatihan. GE Oil & Gas telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 70 tahun, menyediakan teknologinya untuk banyak proyek besar. Sampai dengan hari ini, GE Oil & Gas telah mempekerjakan hampir 200 karyawan di 3 situs.

Kilang LNG Tangguh dioperasikan oleh BP, dengan para mitranya yakni MI Berau BV, CNOOC MuturiLtd., Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd, KG Berau Petroleum Ltd, KG Wiriagar Overseas Ltd, Indonesia Natural Resources Gas MuturiInc, dan Talisman Wiriagar Overseas Ltd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here