Tangerang, Petrominer – PT Elnusa Tbk (Elnusa) mengembangkan smart water meter dan smart power meter untuk mendukung pengelolaan air di Kota Tangerang. Sistem yang berbasis internet of things (IoT) ini merupakan solusi untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) perusahaan penyedia air dan memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah.

Menurut Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Arief Riyanto, pihaknya mengembangkan teknologi ini untuk memudahkan pemantauan distribusi air baik pada sisi perusahaan penyedia air maupun masyarakat. “Melalui sistem ini, perusahaan penyedia air dapat memantau secara realtime dan online proses penyaluran, tingkat kehilangan air dapat dikontrol dan pengelolaan air menjadi lebih baik,” ujar Arief usai penandatangan kerjasama di kantor PDAM Kota Tangerang, Senin (25/2).

Elnusa bekerja sama dengan PT Moya Tangerang sebagai produsen air, dan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang yang merupakan unit usaha distribusi air bersih bagi masyarakat Kota Tangerang, dalam mendukung smart city pengelolaan air ini. Kerja sama ini dituangkan dalam perjanjian bukti konsep atau proof of concept (PoC).

“Kerja sama ini merupakan sinergi antara pemerintah dan perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pengembangan teknologi IoT yang kami lakukan, merupakan kesungguhan untuk mendukung smart city di Indonesia, dan diawali di Kota Tangerang”, paparnya.

Ada lima keunggulan pada teknologi IoT yang dikembangkan, yaitu tren kebutuhan air dapat diestimasikan secara realtime dan online; kehilangan air dapat dimonitor dengan cepat dan tepat; pengelolaan air pada waktu jenuh dapat dimitigasi; memungkinkan untuk menentukan nilai jual air berdasarkan waktu penggunaan; serta bagi masyarakat, sistem ini memudahkan pemantauan penggunaan air di rumah.

“Elnusa melalui solusi totalnya, terus mengembangkan berbagai inovasi untuk meningkatkan kapasitas nasional. Smart water meter dan smart power meter merupakan solusi yang kami tawarkan untuk memudahkan pengelolaan suplai air ke pelanggan. Kami berharap teknologi IoT ini dapat turut mendukung peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” jelas Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here